Tak Ada Sekolah dan Rumah sakit Bertaraf Internasional di Papua, Kemana Puluhan Triliun Dana Otsus?

Jabung Online – Puluhan triliun rupiah digelontorkan ke tanah Papua sebagai dana otonomi khusus (Otsus) sesuai dengan UU 21/2001. Tapi manfaat dana tersebut masih belum dapat dirasakan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.


Eks Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy menjelaskan bahwa dana yang mencapai lebih dari Rp 60 triliun itu sebenarnya punya alokasi khusus.

Berdasar UU Otsus, dana itu diperuntukkan untuk pendidikan yang layak sebesar 20 persen, kesehatan sebesar 15 persen, dan ekonomi rakyat sebesar 10 persen.

Tapi kenyataannya dana tersebut menguap entah ke mana. Sebab, hingga kini tidak ada sekolah dan rumah sakit standar internasional yang berdiri di Papua. Padahal dana otsus cukup untuk mewujudkan hal tersebut.

“Begitu banyak uang yang sudah diturunkan, sekian triliun. Tapi apa yang ada di sana? Adakah sekolah yang berstandar internasional  untuk kami orang Papua? Apakah ada rumah sakit yang standar internasional?” tanyanya di acara Indonesia Lawyers Club yang disiarkan TV One, Selasa (3/8) malam.

Rakyat Papua harus merantau jauh untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Begitu juga untuk mendapat pelayanan kesehatan layak harus berkunjung ke Makassar dan Jakarta
“Bagi orang Papua yang nggak punya uang, tinggal menunggu mati. Ini bagian dari ketidakadilan,” jelasnya.(rmol)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.