Wiranto: Suasana Papua Sudah Damai



Jabung Online - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menghadiri konser masyarakat Papua di Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu dia menyatakan bahwa kondisi Papua sudah membaik.

"Suasana Papua sudah damai," tutur Wiranto di lokasi, Minggu (1/9/2019).

Wiranto menyebut, dia menerima informasi yang sama dari pihak kepolisian dan TNI. Wilayah Papua dan Papua Barat juga telah langsung bergegas melakukan perbaikan fasilitas.

"Presiden kita Pak Jokowi mengatakan, kalau ada masalah, sabar, tenang, damai, baru kita bicara, bukan dengan demo tapi dengan hati," jelas dia.

Wiranto pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua atas kondusifitas tersebut.

"Terima kasih kepada teman-teman di Papua dan Papua Barat, kita semua bersaudara. Mari kita pelihara ini," Wiranto menandaskan.

381 Brimob Digeser ke Nabire

Sebelumnya, Sebanyak 381 pasukan Brigade Mobil (Brimob) yang semula diperbantukan ke Provinsi Papua Barat digeser ke Nabire, Papua untuk memperkuat pengamanan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathies Krey mengatakan, dari 13 (SSK) personil Brimob yang diperbantukan ke Papua Barat saat ini tersisa 9 SSK. Pasukan bawah kendali operasi tersebut akan dioptimalkan untuk memulihkan situasi keamaanan di daerah ini.

"Saat personil yang diperbantukan di Papua Barat tersisa 875 orang, 381 sudah digeser ke Nabire. Mereka diberangkatkan kemarin (Sabtu 31/8) ke Nabire," ujar Krey di Manokwari, Minggu 1 September 2019.

Di Fakfak pasukan BKO yang ditempatkan sebanyak 197 personil, Manokwari 378 personil dan Sorong 300 personil. Mereka berasal dari sejumlah Polda di wilayah tengah dan timur seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Timur.

Krey mengutarakan, situasi keamanan di Papua Barat saat ini sudah jauh lebih baik. Arus lalu lintas berjalan lancar baik darat maupun laut. Masyarakat pun sudah kembali beraktivitas seperti biasa.

Dia berharap, situasi ini terus berlanjut sehingga masyarakat lebih nyaman untuk beraktivitas. Begitu pula aparat pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Sumber

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close