Ducati Masih Berpeluang Kalahkan Honda di MotoGP 2019


Ducati masih berpeluang kalahkan Honda di akhir musim. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)


Jabung Online  -- Pebalap Repsol Honda Marc Marquez resmi juara MotoGP 2019. Namun, Ducati masih berpeluang kalahkan Honda dalam perebutan gelar tim dan konstruktor di akhir musim.


Marquez sudah resmi menjuarai MotoGP 2019 usai finis pertama di MotoGP Thailand 2019. Koleksi 110 poin Marquez tak lagi mampu dikejar rival terdekatnya Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua.

Namun, Dovizioso masih bisa memberikan kontribusi kepada Ducati untuk meraih gelar juara dunia di kategori tim dan konstruktor. Terlebih rekan setimnya Danilo Petrucci juga kerap finis di posisi 10 besar MotoGP 2019.

Sementara Marquez seakan bekerja sendirian musim ini karena rekan setimnya Jorge Lorenzo lebih banyak berkutat dengan cedera dan gagal finis di sejumlah seri MotoGP musim ini.

Saat ini, Honda masih unggul 47 poin dari Ducati di sektor konstruktor. Namun, Ducati untuk sementara berhasil unggul 19 poin atas Honda di kategori tim.

Penghitungan nilai konstruktor di klasemen MotoGP berbeda dengan poin kategori tim. Untuk kategori tim, perolehan para pebalap di tim yang sama diakumulasi.

Sedangkan klasemen konstruktor, setiap pabrikan motor mendapat poin hanya dari satu pebalap yang finis terbaik menggunakan motor pabrikan itu meskipun timnya mungkin berbeda.

Musim lalu, Honda berhasil menyapu bersih tiga gelar juara. Selain gelar juara balapan lewat Marquez, Honda juga meraih gelar juara konstruktor dan tim.

Di kategori konstruktor, Honda berhasil mengumpulkan 375 poin atau unggul 40 poin dari Ducati di MotoGP 2018. Di sektor tim, Honda juga mengungguli Ducati dengan jarak 46 poin.

Dengan empat seri tersisa di musim ini, Ducati masih berpeluang meraih gelar juara dunia tim MotoGP 2019. Sementara di kategori konstruktor, peluang juara untuk Ducati terbilang berat jika Marquez konsisten finis di podium pertama hingga seri terakhir MotoGP 2019 di Valencia.

Klasemen Konstruktor MotoGP 2019

1. Honda: 331 poin
2. Ducati: 254 poin
3. Yamaha: 248 poin
4. Suzuki: 192 poin
5. KTM: 91 poin

Klasemen Tim MotoGP 2019

1. Mission Winnow Ducati: 377 poin
2. Repsol Honda Team: 358 poin
3. Monster Energy Yamaha: 308 poin
4. Petronas Yamaha SRT: 233 poin
5. Suzuki Ecstar: 229 poin

(jun/sry)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close