Ditolak UGM, Ustadz Abdul Somad Diterima di UAD



Jabung Online ‐- Ustadz Abdul Somad dalam fiqih ibadah lekat dengan amaliyah kaum nahdliyin. UAD adalah perguruan tinggi milik Muhammadiyah, yang secara pandangan fiqih berseberangan dengan pemahaman UAS. Tapi perbedaan fiqih itu tidak membuat pihak UAD alergi terhadap ceramah UAS.

Rencana Ustaz Abdul Somad (UAS) mengisi kuliah umum di Masjid Kampus UGM gagal usai tidak diizinkan rektorat. Namun UAS dipastikan tetap akan mengisi pengajian pagi di Hari Minggu (13/10) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Takmir Masjid UAD mengaku tak terganggu dengan kabar ditolaknya UAS di UGM.

“Insyaallah tidak ada halangan, sudah menyurati ke Polsek Banguntapan dan sudah menyampaikan informasi tabligh akbar bersama Ustaz Abdul Somad,” ujar Ahawinarto Takmir Masjid UAD saat dihubungi kumparan, Rabu (9/10).

“Iya insyaallah hari Ahad (13/10) kami agendakan beliau mengisi ceramah di waktu subuh setelah salat subuh,” katanya.

Pengajian tersebut digagas untuk menyambut mahasiswa baru UAD yang jumlahnya mencapai 7 ribu orang.

“Kalau targetnya itu mahasiswa baru ada 7 ribu cuma kapasitas masjid 3 ribu,” katanya. Takmir mengaku ada tiga penceramah yang diundang, namun memang baru UAS yang mengonfirmasi.

Dia mengatakan pihak kampus sudah menyetujui penceramah yang hadir.

“Kemarin pas kita ajukan pemateri ke pihak rektorat, pihak rektorat pun menyetujui itu atas persetujuan BPH UAD. Dan bagi kami tidak ada masalah karena niat murni meramaikan masjid dan menyambut mahasiswa baru, dari pihak rektor menyetujui mendatangkan ustaz Abdul Somad,” katanya.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad batal mengisi kuliah umum di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu (12/10) mendatang. Kepala Bagian Hukum dan Protokol UGM, Iva Ariani, membenarkan informasi tersebut.

“Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, maka pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan,” kata Iva, Rabu (9/10). Iva menjelaskan berkaitan keputusan tersebut surat juga telah dikirim rektorat kepada takmir masjid.

“Surat ke takmir sudah proses,” katanya.

Sementara terkait alasan pembatalan Abdul Somad mengisi kuliah umum, pihak kampus mengatakan langkah itu dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik sesuai jati diri UGM.

“Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik dengan jati diri UGM,” ujarnya.

No comments

Powered by Blogger.