Ditanya Soal Banjir, Risma Kabur ke Jakarta


Jabung Online  - Kota Surabaya, Jawa Timur banjir. Ini akibat dari hujan deras pada Rabu sore, 15 Januari 2020, sekitar pukul 16.00 WIB. Banjir terjadi hingga 1 meter di kawasan elit di Surabaya Barat.

Titik banjir paling parah terjadi di komplek Ruko Darmo Park II. Di kawasan itu, banjir sempat mencapai ketinggian 1 meter. Sejumlah kendaraan bermotor pun sempat terendam lebih dari separuh badan.

Badan jalan di Mayjen Sungkono juga sempat dialiri air yang berasal dari Darmo Park II, sehingga genangan air memenuhi badan jalan dan menyebabkan lalu lintas sempat tersendat. Air baru surut dan lalu lintas kembali normal sekitar pukul 20.00 WIB.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma dilaporkan langsung menuju sejumlah titik banjir. Dalam akun Humas Pemkot Surabaya di Twitter, Risma tampak memimpin petugas membersihkan sampah di gorong-gorong pinggir jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christyanto bilang, Risma langsung mengecek pintu saluran air di sejumlah titik saat hujan dan banjir terjadi.

"Ibu (Risma) ngecek di Jalan Wonokromo dan Jalan Majapahit dekat Jalan Polisi Istimewa," kata dia.

Di titik yang dicek Risma sempat terjadi genangan air setinggi sekitar 30 cm. Genangan air tersebut akibat pintu air sempat tersumbat karena terbendung akar pohon, namun setelah sumbatan diatasi, air mengalir dan genangan surut.

Banjir di Surabaya sudah surut termasuk di Jalan Mayjen Sungkono dan kawasan Ruko Darmo Park II. Dia memastikan banjir tersebut tak sampai merendam kawasan pemukiman warga.

"Sampai sekarang tak ada laporan banjir di pemukiman warga. Di sejumlah titik mulai surut pada pukul 20.00 WIB," ujarnya.

Sampai sekarang Risma belum memberikan keterangan soal banjir yang terjadi di Surabaya. Bahkan, ketika ditanya soal itu usia peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement atau e-Tilang di Markas Kepolisian Daerah Jatim pada Kamis, 16 Januari 2020, dia bungkam dan buru-buru meninggalkan lokasi sebelum acara selesai. Alasannya akan ke Jakarta.

"Aku buru-buru," jawabnya.

No comments

Powered by Blogger.