Cara Minta Keringanan Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan

Jabung Online - Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan diharuskan membayar iuran pada tanggal 10 setiap bulannya. Kalau kamu sampai telat membayar hingga beberapa waktu. Risikonya kamu jadi punya banyak tunggakan. Nantinya, kamu akan dinonaktifkan menjadi peserta. Sehingga kamu nggak berhak mendapatkan tanggungan pengobatan lagi. Sayang banget, kan?

Tahun lalu memang belum ada cara mencicil tunggakan BPJS 2021, sehingga kamu bingung bagaimana mencari cara membayar tunggakan BPJS lebih dari 1 tahun. Untungnya, sekarang ada solusi bagi peserta yang tidak mampu bayar tunggakan BPJS.

Bisakah Tunggakan BPJS Dipulihkan?

Meskipun belum ada pemutihan BPJS 2022 secara resmi, tapi baru-baru ini pihak BPJS Kesehatan memberikan jalan keluar untuk mengatasi tunggakan peserta yang menggunung.

Kalau kamu lupa dan sudah memiliki tunggakan yang cukup banyak. Saatnya mulai mencicil tunggakan supaya kamu tetap selalu bisa menikmati fasilitas tanggungan berobat. Cara minta keringanan biaya tunggakan BPJS adalah dengan mengikuti program REHAB atau Rencana Pembayaran Bertahap dari BPJS Kesehatan.

Program ini memberikan keringanan bagi peserta bukan penerima upah atau bukan karyawan yang mempunyai tunggakan iuran. Apalagi selama pandemi, banyak orang yang menunggak iuran lebih dari 3 bulan.

Persyaratan REHAB

1. Peserta Bukan Penerima Upah harus mempunyai tunggakan di atas 3 bulan hingga 24 bulan

2. Mendaftarkan diri melalui aplikasi JKN atau BPJS Kesehatan Care Center

3. Mendaftarkan diri sampai tanggal 28 pada bulan berjalan

4. Pembayaran tunggakan hanya sampai 12 kali cicilan

5. Pendaftaran program berlaku untuk satu keluarga

Cara Daftar Program REHAB di Aplikasi JKN

1. Download aplikasi Mobile JKN

2. Pilih menu Rencana Pembayaran Bertahap

3. Pastikan mengenai informasi mengenai syarat dan jumlah tunggakan yang dimiliki

4. Perhatikan simulasi tagihan per bulan

5. Setujui segala syarat dan ketentuan yang berlaku

6. Jika pendaftaran program REHAB tersebut berhasil, bayar cicilan sesuai tanggal yang telah ditentukan setiap bulan.

Dengan membayar tunggakan lewat cara mencicil, prosesnya pelunasannya pun akan lebih mudah. Kamu nggak perlu takut dinonaktifkan. Untuk pembayaran, kamu bisa bayar melalui ATM, mobile banking, e-commerce, dan aplikasi neobank dari Bank Neo Commerce.

***

Penulis: WHY

Editor: BEN

No comments

Powered by Blogger.