10 Rekomendasi Saham Blue Chip Terbaik 2023 untuk Newbie

Jabung Online - Sebagai pemula yang baru mencoba bermain saham, seringkali kamu bingung memilih saham yang kamu pilih untuk investasi. Untuk itu, kamu akan berusaha mencari tahu mana perusahaan yang bisa kamu andalkan dari segi kualitas dan keuntungan.

Pemula pasti akan sering direkomendasikan memilih saham blue chip. Soalnya saham blue chip bisa dibilang lebih minim risiko. Meskipun dalam dunia saham risiko pasti ada. Tapi, saham blue chip seperti memberikan garansi untuk kamu yang baru belajar saham.

Apa itu Saham Blue Chip?

Saham blue chip adalah saham yang berasal dari perusahaan yang sudah punya riwayat kinerja dan keuangan yang stabil dalam waktu lama. Mereka sudah memiliki kapitalisasi besar.

Perusahaan-perusahaan tersebut sudah punya reputasi bagus secara kualitas. Dengan likuiditas yang bagus, profit, dan sejarah yang panjang. Setidaknya perusahaan sudah melantai selama 5 tahun. Saham perusahaan pun sudah banyak dimiliki oleh publik.

Mereka sudah sangat stabil. Sehingga kemungkinan untuk bangkrut terbilang kecil. Tidak heran saham blue chip menjadi primadona di bursa saham. Terutama bagi pemula yang memilih bermain aman dan mencari cuan jangka panjang.

Meskipun modal yang harus dikeluarkan cukup banyak. Namun, dengan kredibilitas dan kemungkinan keuntungan yang akan didapat, saham blue chip tetap menjadi favorit. Ditambah, perusahaan-perusahaan ini sering membagikan dividen kepada pemegang sahamnya.

Daftar Saham Blue Chip 2023

Dari banyaknya perusahaan yang melantai di bursa saham, beberapa di antaranya mencetak performa baik pada tahun 2022. Perusahaan tersebut diprediksi juga akan mendatangkan cuan di tahun 2023. Inilah saham blue chip yang direkomendasikan tahun ini.

1. Bank BCA - BBCA

2. Unilever - UNVR

3. Bank BRI - BBRI

4. Telkom - TLKM

5. PT Perusahaan Gas Negara Tbk - PGAS

6. Adaro Energy - ADRO

7. Bukit Asam - PTBA

8. Indo Tambangraya Megah (ITMG)

9. PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk - CPIN

10. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk - ICPB

Saham blue chip punya kualitas kinerja dan keuangan yang baik sehingga akan memberikan rasa aman bagi pemula. Saham blue chip memang jadi rekomendasi pemula.

Namun, kamu tetap harus waspada terhadap kondisi perekonomian global yang tidak menentu. Saham blue chip tetap mengalami naik turun. Pastikan kamu siap tanggung risikonya.

No comments

Powered by Blogger.