Bulan Puasa Jadi Lebih Boros, Kenapa?


Jabung Online - Sudah jadi hal umum kalau setiap bulan puasa, harga kebutuhan pokok akan lebih mahal dari biasanya. Kenapa? Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan daripada penawaran atau persediaan.

Walaupun secara logika, mungkin kamu berpikir biaya makan akan berkurang. Jadi, seharusnya tidak perlu keluar biaya banyak untuk beli bahan makanan.

Namun, sebenarnya meskipun jatah makan kita berkurang, yang tadinya bisa 3 kali sehari menjadi 2 kali saat puasa, jika harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, maka kamu tetap harus mengeluarkan biaya banyak.

Ketika bulan puasa, kamu membeli banyak menu untuk buka. Mulai dari gorengan, minuman manis dingin, makanan berat seperti soto atau sate, hingga makanan penutup. Sementara untuk sahur, menu makanan biasanya lebih sederhana.

Lebih lanjut, inilah beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi lebih boros selama bulan puasa.

1. Peningkatan konsumsi menu makanan

Selama bulan puasa, kebanyakan orang mengonsumsi makanan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini bisa membuat seseorang mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli bahan makanan. Ditambah harga bahan makanan juga mengalami kenaikan.

Secara kuantitas jatah makan memang berkurang. Namun, bagaimana dengan jumlah menu makanan yang dilahap setiap kali makan? Bisa jadi lebih banyak. Misalnya, di saat normal kamu bisa sarapan nasi goreng, makan siang ayam penyet, dan makan malam ketoprak.

2. Pengeluaran untuk berbuka puasa lebih banyak

Banyak orang yang menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli makanan berbuka puasa. Soalnya, bulan puasa jadi momen untuk menghasilkan penghasilan tambahan dari berjualan. Sehingga, ada banyak pedagang makanan musiman untuk berbuka yang menawarkan beragam makanan atau minuman yang menggoda.

Makanya, kamu pun sering tergoda untuk jajan. Apalagi kalau kamu melihat deretan jajanan tersebut dalam keadaan perut lapar. Pastinya kamu ingin membeli sebanyak mungkin. Alhasil, kamu pun jadi lebih boros.

3. Ada pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri

Selain pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa, banyak orang juga menyiapkan uang untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya biasanya dihabiskan dengan berpesta. Beli baju baru, furniture baru, menyiapkan angpao, hingga memasak hidangan khas. Semuanya butuh uang ekstra.

Nah, supaya tidak semakin boros saat bulan puasa. Sebaiknya kamu membuat anggaran keuangan, memilih menu sederhana, dan mengurangi jajan di luar. Dengan demikian, kamu tidak akan terlalu boros. Uangmu masih bisa ditabung untuk keperluan lain di masa depan.

No comments

Powered by Blogger.