Supaya Untung, Uang THR Dipakai Buat Apa, Ya?

Jabung Online - Bulan Ramadan dan Idul Fitri memang selalu ditunggu setiap tahun. Suasana, kebersamaan, dan berkahnya selalu bikin rindu. Namun, ada hal lain yang selalu dinanti. Khususnya oleh para pekerja. Apakah itu?

Yak, Tunjangan Hari Raya atau THR selalu jadi salah satu alasan kita bersemangat di bulan puasa. Gaji tambahan ini diberikan sekitar 2 minggu sebelum lebaran. Biasanya nominalnya 1 kali gaji. Lalu, digunakan untuk apakah uang THR tersebut?

1. Membeli kebutuhan pokok dan bahan makanan untuk perayaan hari raya

Sudah jadi hal yang wajar kalau bahan kebutuhan pokok harganya meningkat di bulan puasa dan lebaran. Makanya, uang THR dialokasikan untuk membantu meringankan beban pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Ditambah, pada saat lebaran, kita butuh dana ekstra untuk menyajikan makanan Hari Raya yang cukup mewah. Mulai dari ketupat, opor, hingga kue-kue.

2. Ongkos mudik

Momen lebaran dijadikan orang untuk pulang ke kampung halaman. Umumnya, mereka telah menyiapkan sejumlah uang hasil merantau untuk diberikan kepada orang tua di kampung. Selain itu, para perantau juga butuh ongkos lebih untuk pulang kampung. Maklum, harga tiket pesawat, kereta, kapal, atau bus akan naik.

3. Hadiah untuk keluarga atau kerabat

Ketika berkumpul saat lebaran, ada orang yang suka memberikan salam tempel atau uang hingga pakaian sebagai hadiah. Sumber dananya bisa diambil dari uang THR. Asal keluarga senang.

4. Self reward

Bagaimana cara orang membahagiakan dirinya berbeda. Ada yang menggunakan uang THR untuk liburan, beli gadget atau kendaraan baru, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Tergantung kebutuhan pribadi masing-masing.

5. Investasi dan tabungan

Ada juga orang-orang yang menyimpan dana THR-nya di instrumen investasi atau tabungan. Jadi, uang THR-nya gak habis begitu saja. Jika menyimpan dalam instrumen investasi seperti reksa dana, saham, emas, deposito, P2P lending, dan lain sebagainya.

Ada kemungkinan uangnya akan bertambah karena adanya imbal balik. Namun, tetap ada risikonya. Mau pilih yang aman? Simpan di tabungan aja.

Kalau kamu belum punya rencana pemakaian uang THR, sebaiknya kamu tabung. Akan lebih baik kalau uangnya bisa diputar lagi dalam investasi atau modal usaha. Dengan demikian kamu akan bisa merasakan keuntungannya di masa depan.

Uang THR memang kelihatan banyak. Namun, melihat keinginan dan kebutuhan yang mungkin juga banyak. Maka, uang THR terasa cuma numpang lewat.

No comments

Powered by Blogger.