Jual Foto Online Dibayar Dolar, Mau?

Jabung Online - Buat yang punya fotografi, kamu bisa punya peluang untuk bisa menghasilkan uang. Bukan hanya jadi fotografer profesional. Kamu bisa menjual foto hasil karya kamu di internet. Jika biasanya hanya posting hasil foto di sosial media untuk dapat likes atau komentar, maka di beberapa situs penyedia foto, kamu bisa dibayar untuk setiap foto yang kamu hasilkan.

Tertarik menjual foto online? Simak cara untuk jual foto lewat internet di bawah ini.

1. Foto sebanyak-banyaknya

Kamu bisa foto apa saja. Asal gak mengandung unsur kekerasan dan sara. Sebagai permulaan, gak perlu sewa studio atau model. Kamu bisa foto apapun yang kamu temukan di jalan.

Misalnya, makanan, orang-orang, perjalanan, rumah, dan lain sebagainya. Nanti, kalau bosan dengan foto jalanan, kamu boleh foto di studio dengan setting dan model tertentu.

2. Pastikan foto yang dihasilkan berkualitas

Untuk bisa menjual foto, kamu harus bisa menghasilkan foto yang sesuai standar. Resolusinya tinggi dan anglenya pun bagus. Gak boleh asal foto, ya. Harus layak untuk dijual.

3. Mendaftar pada situs penyedia jasa penjualan foto online

Setelah punya cukup stok foto, kamu harus mendaftar atau membuat akun di beberapa situs foto. Ada banyak situs yang menyediakan jasa penjualan foto online, di antaranya:

a. Shutterstock

b. iStock

c. Adobe Stock

d. Dreamstime

e. Alamy

Lakukan pengisian data dengan informasi yang benar, ya.

4. Mengunggah foto

Setelah mendaftar pada situs tersebut, unggah foto-foto yang ingin dijual. Ingat, pastikan foto-foto tersebut memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh situs tersebut. Beberapa situs juga akan menyeleksi foto yang kamu unggah. Kamu baru bisa menjual foto jika sudah lolos seleksi.

5. Menentukan harga

Ada dua pihak yang bisa menentukan harga, diri kamu sendiri dan pihak penyedia situs. Harganya bervariasi, mulai dari 0,25 sampai 28 dolar AS.

Kalau foto kamu terjual, situs penyedia jasa penjualan foto online akan memproses pembayaran dan mengirimkan pembayaran tersebut. Untuk menerima dana, kamu harus punya rekening internasional seperti PayPal.

Untuk bisa menjual foto, kamu gak perlu punya kamera profesional. Bisa juga dengan smartphone. Asal kualitas kamer

anya memungkinkan. Yuk, huntung foto!

***

Penulis: WHY

Editor: BEN

No comments

Powered by Blogger.