Liburan Gak Pake Mahal ala Backpacker

Jabung Online - Siapa yang pertengahan minggu ini udah ngebet mau liburan tapi kepentok budget? Kamu tetap refreshing, kok! Tenang aja. Tinggal sesuaikan aja destinasi liburan sama budget yang ada.

Kalau uangnya cuma bisa ke Monas atau alun-alun, gak masalah, loh. Namanya liburan. Jangan malam bikin stres karena maksain mau liburan ke luar kota tapi budgetnya gak ada.

Tapi, kalau punya sedikit uang buat ke luar kota. Bagus, dong. Tinggal gimana kamu atur budgetnya aja. Kan, bisa jalan-jalan ala backpacker. Hemat tapi tetap bisa happy. Gimana caranya?

1. Susun anggaran

Saat tujuan liburan sudah ditentukan. Buatlah rencana anggaran pengeluaran dan pemasukan khusus liburan. Tulis secara detail apa saja yang kamu butuhkan. Mulai dari tiket kereta atau pesawat, estimasi makan dalam sehari, tiket masuk tempat wisata, sampai biaya tak terduga.

2. Ajak teman biar ramai dan irit

Jalan-jalan bareng teman selain lebih menyenangkan juga termasuk tips traveling low budget karena dapat menghemat biaya.

Banyak biaya yang ditanggung bersama. Penginapan salah satunya. Kamu dan teman-teman bisa menyewa satu rumah, apartemen, atau villa.

3. Tekan biaya makan

Biaya makan termasuk biaya yang paling banyak dikeluarkan setelah transportasi dan penginapan. Pilih makanan di restoran biasa atau bahkan pinggir jalan supaya dapat harga murah. Usahakan, jangan terlalu banyak jajan.

4. Kunjungi destinasi wisata yang gratis

Biaya traveling bisa membengkak juga karena kamu banyak mengunjungi tempat wisata berbayar. Belum lagi, kamu mau akan mencoba berbagai experience yang ditawarkan di tempat tersebut.

Sayangnya, semuanya gak gratis. Makanya, untuk menekan budget, pilih destinasi wisata yang gratis seperti taman kota, alun-alun, dan lain sebagainya.

5. Pilih transportasi yang tepat

Ada banyak opsi transportasi untuk menuju satu destinasi. Kamu harus bisa menentukan mana transportasi yang lebih efisien untuk mencapainya. Misalnya, kamu berencana pergi ke pulau Banda. Dari Jakarta kamu harus naik pesawat ke Ambon.

Setelah itu, dari Ambon ada 2 pilihan transportasi menuju Banda yaitu kapal cepat. Kapal PELNI, dan pesawat kecil. Perjalanan menggunakan kapal cepat memakan waktu 6-8 jam. Sedangkan perjalanan dengan pesawat hanya sekitar 1 jam asal mau merogoh kocek lebih dalam.

Jika kamu punya waktu lebih banyak dan data terbatas, pilih naik kapal cepat atau PELNI. Sementara, naik pesawat cocok buat kamu yang punya bujet lebih dan waktu terbatas. Untuk destinasi jauh lebih baik ditempuh menggunakan pesawat. Pesan tiketnya dari jauh hari supaya bisa dapat harga murah.

Biar bagaimana pun, kamu pasti butuh liburan, dan liburan itu butuh uang. Tapi, liburan tetap bisa dilakukan tanpa harus menguras tabungan. Jadi, mau liburan kemana, nih?

No comments

Powered by Blogger.