Sebagian Wilayah Lampung Timur Terendam Banjir

Jabungonline.com - Sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung dikepung banjir sehingga ribuan hektare sawah, ratusan rumah, dan puluhan hektare kolam ikan di sejumlah kecamatan terendam banjir.

Data yang dihimpun, Rabu, menyebutkan, sejumlah kecamatan yang daerahnya terendam banjir akibat hujan deras yang berlansung sejak Senin (20/2) petang hingga Selasa (21/2) pagi, yakni di Kecamatan Jabung, Labuhan Maringgai, Pasir Sakti, Mataram Baru, Waway Karya, Marga Tiga, Raman Utara, Sukadana, dan Kecamatan Bumi Agung.

Banjir juga menyebabkan jembatan putus, seperti jembatan penghubung Kabupaten Lampung Tengah dengan Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di Dusun 07 RT20 RW07, Desa Rejosari, Kelurahan Rejokaton.

Jembatan yang menghubungkan Desa Negeri Katon dengan Desa Negeri Agung, Kecamatan Margatiga, juga roboh.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur Hambali mengatakan bahwa hujan semalam suntuk itu mengakibatkan banjir dan merendam ribuan hektare sawah dan ratusan rumah warga yang tersebar di sejumlah kecamatan. Dalam kejadian banjir ini tidak terdapat korban jiwa meninggal.

Ia menyatakan atas kejadian itu BPBD Lampung Timur telah melakukan langkah tanggap darurat dengan membantu warga yang rumahnya terendam banjir dan menyalurkan sejumlah bantuan makanan dan bantuan lain yang diperlukan.

Ketua Taruna Siaga Bencana Lampung Timur Edi Siswanto menyebutkan sebanyak 49 kepala keluarga (KK) yang berada di Desa Mulyoasri Kecamatan Bumi Agung dan 122 KK di Desa Sukadana Kecamatan Sukadana rumahnya terendam banjir.

"Ketinggian air di rumah warga pada Selasa (21/2) pagi sekitar 1 meter. Akan tetapi, sorenya mulai surut," kata Edi.

Ia menambahkan ketinggian air di areal persawahan mencapai 2 meter.

Kepala Dinas Pertanian Lampung Timur M. Yusuf H.R. mengatakan bahwa data sementara luas areal sawah yang terendam banjir mencapai 1.500 hektare.

Ia menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu data stafnya yang tengah melakukan pendataan.

Bupati Lampung Timur Chusnunua Chalim dan wakilnya Zaiful Bukhori pada hari Selasa (21/2) langsung meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di Desa Donomulyo Kecamatan Bumi Agung dan Desa Sukadana Kecamatan Sukadana.

"Saya minta semua gerak cepat menghadapi bencana banjir. Lakukan apa yang mesti dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak banjir," kata Chusnunia.

Chusnunia juga memerintahi Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur proaktif meninjau ke lokasi-lokasi yang dilanda banjir dan memberikan bantuan kepada korban.

"Tim SAR dari BPBD dan Dinas Sosial Lampung Timur telah turun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi korban serta memberi bantuan berupa dapur umum di wilayah yang terkena banjir parah," kata Bupati.

Menurut dia, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita harus ambil bagian. Masyarakat yang terkena banjir adalah korban yang butuh perhatian.

"Beri bantuan apa saja yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari selimut, baju layak pakai, bahan makanan, hingga obat-obatan, untuk meringankan beban mereka yang terkena bencana banjir," kata Bupati.

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.