Bom Waktu yang Tercipta

Oleh: Wirahadikusumah

Jabungonline.com - Irjen Sudjarno baru enam bulan menjabat sebagai Kapolda di Sai Bumi Ruwa Jurai. Selama memimpin korps Bhayangkara di Lampung, catatan saya, tidak kurang dari sepuluh terduga pelaku tindak kriminalitas tewas oleh peluru polisi.

Terakhir, lima orang yang dituding sebagai begal tewas di tangan polisi. Dari lima orang itu, tiga di antaranya masih berusia 17 tahun.

Saya tidak menuding, apakah polisi dalam peringkusan para terduga pelaku kriminalitas itu melanggar HAM. Yang saya pertanyakan adalah, cara Polda Lampung dan jajarannya saat ini dalam menyikapi terduga, sekali lagi terduga, pelaku kriminalitas.

Apakah tembak mati adalah satu-satunya cara dalam memutus rantai peredaran narkoba atau pembegalan dan perampokan di provinsi ini? Terlebih mereka semua yang tewas statusnya masih terduga. Sekali lagi terduga!

Pagi ini saya terhenyak ketika membuka situs jejaring sosial Facebook. Salah satu teman saya mem-posting gambar serombongan polisi berfoto bersama yang di depannya terdapat lima jenazah terduga begal.

Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.