Nilai Substansi Agama Harus Menuntun Politik


Daniel Johan, Wakil Ketua Komisi IV DPR.
Jabungonline.com - Perdebatan agama dan politik terus berlanjut, setelah Presiden mengatakan agama dan politik tak bisa disatukan, kini giliran beberapa partai yang mengomentari hal tersebut. Salah satunya, PKB, partai mempunyai basis massa di Jawa Timur itu mengatakan nilai agama bisa menuntun politik agar masyarakat lebih sejahtera.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Sekertaris Jenderal PKB, Daniel Johan. "Bahaya kalau politik dibiarkan jalan sendiri menurut seleranya sendiri, Nilai-nilai substansi agama harus menuntun politik agar masyarakat sejahtera lahir batin," ucap Daniel saat dihubungi Selasa (2/5).

Namun Daniel menegaskan Indonesia bukan negara agama yang bukan mengedepankan agama dalam segala proses politik. "Tapi secara kenegaraan jelas Indonesia bukan negara agama," ucap Daniel Johan.

Lebih lanjut, menurut Daniel, politik dan agama harus beriringan agar seimbang. "Bukan disatukan, tapi mewarnai, menuntun memberi jiwa bagi politik yang tidak bisa dipisahkan," ucapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk tidak mengabungkan persoalan politik dan agama. Terlebih, selama pilkada, urusan politik rentan dibenturkan dengan agama.

"Memang gesekan kecil-kecil kita ini karena pilkada, benar enggak. Karena pilgub, pilihan bupati, pilihan wali kota, inilah yang harus kita hindarkan," kata Jokowi.

"Dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana yang politik," lanjutnya.

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.