Jokowi Ingatkan Agar Indonesia Tak seperti Afganistan



Jabung Online - Capres Joko Widodo mengatakan masyarakat belajar dari konflik saudara di Afganistan. Ia mengingatkan jangan sampai perbedaan politik menjadikan masyarakat Indonesia seperti tak bersaudara lagi.

"Apa yang ingin saya garis bawahi, perbedaan-perbedaan itu jangan jadikan kita ini tak seperti saudara lagi. Ini sudah sunatullah, hukum Allah pada kita; bangsa Indonesia berbeda-beda. Apalagi biasanya ini perbedaan-perbedaan muncul karena urusan politik. Pilihan bupati, pilihan wali kota, pilihan gubernur, pilihan presiden," kata Jokowi di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019).



Suku di Indonesia yang berjumlah 714 suku, kata dia, berbeda dengan Afganistan yang berjumlah tujuh suku. Ia menceritakan obrolannya dengan Ibu Negara Afganistan, Rula Ghani, soal konflik.

Rula Ghani bercerita, lanjut dia, tentang pengalamannya bisa mengemudikan mobil di Kabul, ibu kota Afganistan, empat puluh tahun lalu. Rula bahkan bisa mengemudi sendiri dengan aman antarprovinsi. Hampir semua wanita di negara itu bisa melakukannya, karena Afganistan negeri kaya emas dan minyak.

Belakangan dua suku berkonflik sehingga merusak tatanan keamanan nasional di Afganistan. Tiap suku membawa kawan sesukunya dari negara lain. Akhirnya terjadi perang atau konflik yang berlangsung 40 tahun.

"Apa yang terjadi, siapa yang paling dirugikan saat perang terjadi, yang dirugikan wanita, dan kedua, anak. Wanita enggak bisa keluar rumah, anak enggak bisa sekolah lagi," kata Jokowi seperti dilansir viva.

Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.