"SISI & ISIS Simbiosis Mutualisme" by @hasmi_bakhtiar

Hasmi Bakhtiar
Alumni Al-Azhar, S2 Hub Internasional Perancis

1. Masyarakat Mesir bahkan muslim dunia layak berterimakasih kepada Ikhwanul Muslimin (IM), yang menjaga Mesir dari 'fitnah' seperti di Suriah.

2. ISIS belum bisa sok iye di Mesir karena faktor kuatnya pengaruh IM di masyarakat.. lau laa ikhwan? Wallahu a'alam (kalaulah tak ada IM, wallahu a'alam kondisi Mesir)

3. ISIS di provinsi Sinai Mesir itu bukan ISIS hijrah dari Suriah, tapi emang kelompok jihadis baitulmaqdis (Anshar Baitul Maqdis/ABM) yang udah ada disana dari dulu...

4. Jadi salah besar kalo ada yang bilang ISIS menguasai Sinai..

5. Solusi Sinai itu gampang... sejahterahkan masyarakatnya, genjot pembangunan...!!!

6. Makanya sejak menjabat presiden Sinai jadi prioritas Mursi, karena Sinai dari era Mubarak sengaja dijadiin daerah konflik untuk kepentingan tertentu.

7. Namun semua cita-cita mulia pemerintahan Mursi dijegal oleh kudeta militer... dan diakui apa kaga, ISIS diuntungkan..

8. ISIS ga bisa hidup di daerah non konflik, kudunya ISIS juga makasih tuh ke rezim kudeta udah ngasih ruang mereka di Sinai... :D

9. As-Sisi manfaatin ISIS untuk dapetin duit dari teluk dg kampanye anti teroris, ISIS juga dapet tempat...sama-sama nguntungin toh?

10. Jadi wajar kalo ISIS lebih benci ama IM ato Hamas timbang ama rezim kudeta ato Israel..

No comments

Powered by Blogger.