IMF akan keluarkan mata uang ‘bancor’ pengganti Dolar


jabung-online.org - Lembaga keuangan internasional, IMF, telah menerbitkan serangkaian laporan yang mendesakkan agar dolar sebagai mata uang cadangan devisi digantikan dengan yang lain.

Laporan yang menyoal tema tersebut berjudul, “Akumulasi Cadangan dan Stabilitas Moneter Internasional,” mengajukan gagasan mata uang masa depan yang dinamai ‘Bancor’. Bank Central global masa depan bisa didapuk menjadi institusi yang bertanggung jawab untuk menerbitkan mata uang tersebut.

“Mata uang global, bancor, yang diterbitkan oleh bank central global, akan dirancang memiliki nilai simpan stabil yang tidak terikat secara eksklusif dengan kondisi ekonomi negara tertentu. Perdagangan dan keuangan terus tumbuh cepat dan integrasi secara global pun meningkat, karena itu penting, prespektif lebih luas untuk ikut pula tumbuh beriringan.

Bagaimana jika kerajaan dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia benar-benar berakhir. Berikut adalah beberapa efek yang digambarkan oleh pengamat ekonomi Michael Payne, yang dilansir OpEDNews.

“Keruntuhan dolar juga akan membawa perubahan radikal dalam gaya hidup warga Amerika. Ketika ekonomi tsunami benar-benar menghantam, maka kondisi itu akan membuat resesi ekonomi 2008 tak lebih dari gundukan kecil. Begitulah perbandingannya.

Sebagian besar warga Amerika tak menyadari betapa rendah harga bensin di AS dibanding dengan negara lain di dunia. Ada area di Eropa di mana wargya harus membayar dua kali lipat dari harga bensin di AS.

Memang pajak berpengaruh, tapi yang paling berperan besar adalah penggunaan dolar dalam hampir seluruh transaksi minyak di dunia. Hari ini, AS mengonsumsi hampir seperempat minyak dunia. Seluruh ekonomi di negara itu bertumpu sebagian besar di atas kemampuan menyediakan transportasi barang murah dan layanan jarak jauh.

Apa yang terjadi bila harga bensin melonjak dua kali lipat atau tiga kali dari saat ini. Apa yang terjadi jika semua berubah. Bagaimana jika ketertarikan terhadap dolar dan piutang AS mengering secara dramatis.

Menurut Michael Payne, semua prediksi yang dipaparkan mengenai keruntuhan dolar AS tidak bakal terjadi semalam. Namun ia menekankan betapa penting memantau pergerakan ini karena perubahan sudah mulai tumbuh, berakar dan bercabang.

Yang pasti kondisi saat ini benar-benar menunjukkan ada pegerakan nyata menjauhi dolar dalam perdagangan internasional. Jadi, kapankah perubahan besar terjadi? Hanya waktu yang akan membuktikan.

Sumber : Lingkarannews.com

No comments

Powered by Blogger.