Belajar Demokrasi, SMP Negeri 3 Jabung Gelar Pilketos

Salah satu Guru SMP Negeri 3 Jabung yang ikut berpartisipasi dalam Pilketos. Foto: Nn

Jabung Online – SMP Negeri 3 Jabung menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Kamis (12/9). Kegiatan yang digelar di kantor OSIS tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Sejumlah properti seperti bilik suara dan kotak suara tampak pada proses pemilihan ketua OSIS tersebut.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). 

Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala SMP Negeri 3 Jabung, Wirti Asih mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar kurang lebih 10 tahun di SMP Negeri 3 Jabung. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, kata Wirti Asih.

Setelah itu, kata Wirti dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menambahkan, melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.

"Sudah berjalan 10 Tahun kegiatan seperti ini kita laksanakan, harapannya kedepan siswa-siswi dapat memahami proses demokrasi yang ada di Negara kita". tutupnya. (JO/Nn)

No comments

Powered by Blogger.