Indonesia Sukses Tundukkan Rusia dan Iran di Spanyol


Duta Seni Boyolali 2019. Photo : Dok. Istimewa


Jabung Online  – Para siswa dari sekolah menengah atas (SMA) asal Boyolali, Jawa Tengah, sukses membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di ajang kompetisi seni internasional, Sea Sun Festival di Lloret De Mar, Spanyol.

Mereka yang tergabung ke dalam Duta Seni Boyolali 2019 ini sukses menjadi juara pertama kategori Folk Dance usia 16-19 tahun. Para siswa ini berhasil menyingkirkan peserta lainnya yang berasal dari 10 negara, di antaranya Rusia, Ukraina, Iran dan Meksiko.

Duta Seni Boyolali 2019 terdiri dari 18 pelajar SMA berprestasi tersebut menampilkan dua tarian, yakni Topeng Ireng dan Soreng. Penampilan mereka berhasil memukau para juri yang merupakan maestro-maestro tari internasional.

Perpaduan koreografi, kostum dan tata rias yang memukau, membuat juri menganugerahi gelar juara pertama untuk Duta Seni Boyolali di festival tahunan ini. Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengaku bangga atas prestasi yang diraih mereka.

"Di tengah panasnya berita-berita aksi unjuk rasa di dalam negeri, ada berita yang menyejukkan dan membanggakan Indonesia. Mereka adalah pelajar berprestasi pilihan. Perjuangan mereka untuk sampai ke kompetisi ini tidak mudah," kata dia, lewat keterangannya, Sabtu, 28 September 2019.

Pemerintah Kabupaten Boyolali menyeleksi ratusan pelajar SMA negeri dan swasta untuk menjadi duta seni setiap tahunnya. Mereka harus menjalani serangkaian tes, mulai dari pengetahuan umum, psikotes, dasar tari dan wawancara, hingga akhirnya terpilih 18 orang.

Setelah terpilih, mereka harus mengikuti pelatihan selama lima bulan. Tidak hanya menari, mereka juga dibekali keterampilan tata rias, kedisiplinan dan latihan fisik. Tahun ini merupakan tahun ke delapan Pemkab Boyolali mengirim duta seni ke festival dan kompetisi tari internasional di Eropa dan Amerika Serikat.

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close