BPTM LIPI Gelar Perkemahan Ilmiah Remaja Mineral (PIRM) 2019 Tingkat Provinsi Lampung

Jabung Online - Sebagai rangkaian Pekan Teknologi Mineral (PTM) Tahun 2019, Balai Penelitian Teknologi Mineral LIPI (BPTM LIPI) kembali menghadirkan PIRM 2019 selama 3 hari dari Tanggal 5 – 7 November 2019.

PIRM adalah agenda tahunan BPTM LIPI yang bertujuan memperkenalkan LIPI, BPTM LIPI, Dunia Penelitian, serta Budaya Riset dan Inovasi kepada Generasi Milenial calon penerus Bangsa”, Jelas Kepala BPTM LIPI, Widi Astuti pada sambutan pembukaan PIRM 2019 di Halaman Kampus  BPTM LIPI.

Melalui kegiatan ini, para generasi milenial yang berasal dari sekolah menengah di Provinsi Lampung diperkenalkan tentang Dunia Penelitian, Riset , dan Inovasi. Selain itu, kegiatan ini juga ingin membangkitkan keingintahuan siswa Sekolah Menengah serta menggali potensi-potensi unggul yang ada di Provinsi Lampung.

Selama perkemahan, semua peserta dilibatkan dalam berbagai kegiatan yaitu bermacam permainan menyenangkan untuk pembentukan karakter peserta serta membuat semua peserta bisa saling mengenal, Lomba Rangking 1 untuk menguji Pengetahuan Siswa, Lomba Menulis Essay tentang Mineral, Photo Competition melalui Instagram BPTM LIPI, Mineral Science Competition, tur ke laboratorium yang ada di BPTM LIPI untuk memperkenalkan peralatan dan kegiatan penelitian yang dilakukan di BPTM LIPI, dan puncak acara adalah lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan presentasi KTI yang telah disusun oleh semua peserta PIRM 2019.

Sebanyak 135 siswa dari 27 sekolah SMA/MA/SMK berasal dari 7 Kabupaten Kota di Provinsi Lampung yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu hadir memeriahkan gelaran PIRM 2019. Masing-masing sekolah mengirimkan 5 peserta dan 1 guru Pembimbing. 

Pada hari terakhir kegiatan Tim Juri menentukan juara PIRM 2019 yang terdiri dari Juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Juara Favorit berdasarkan penilaian terhadap artikel KTI, Presentasi KTI, naskah essay dan Perlombaan Mineral Science Competition. Para pemenang berhak atas piala, Sertifikat Penghargaan dan hadiah uang Tunai untuk pembinaan KIR di sekolahnya masing-masing.
Hasil penilaian dari TIM Juri telah menentukan Pemenang PIRM 2019 terdiri dari:
Juara 1 : SMAN 2 Tegineneng 
Juara 2 : SMAN 1 Bandar Lampung
Juara 3 : MAN 1 Tanggamus
Juara Favorit : SMAN 5 Bandar Lampung

Menurut Waka Bidang Kesiswaan SMKN Sukoharjo Putra Irawan, S.Pd., SMKN Sukoharjo sebagai satu-satu perwakilan dari Kabupaten Pringsewu pada kegiatan PIRM 2019. “Ini pertama kalinya SMKN Sukoharjo mengikuti kegiatan ini, Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Hanya dengan persiapan 2 minggu, sekolah kami bisa berada pada urutan kelima. Ini merupakan prestasi dan hasil terbaik buat siswa kami” ujarnya.

Pada penyampaian testimoni mewakili guru Pendamping, Pe’i  mengatakan, “Peserta dan kami merasakan manfaat dari kegiatan ini. Kami yakin, banyak pembelajaran yang positif yang peserta peroleh dari kegiatan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada BPTM LIPI yang sudah memfasilitasi kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat dalam rangka melahirkan peneliti-peneliti handal. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali tahun 2020” pungkasnya.(Pe'i)

2 comments:

  1. Bravo SMK Negeri Sukoharjo

    Bravo BPTM LIPI Lampung

    ReplyDelete
  2. SMK Negeri sukoharjo Bisa-hebat

    BPTM LIPI jaya

    ReplyDelete

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close