Respon Jabung Aman Nyaman, Ikam Lamtim dan GPL Adakan Social Education Program 2019

 
Jabung Online  -  Ikatan Mahasiswa Lampung Timur mengadakan agenda tahunan yaitu Bina Desa. Yang kali ini agenda tersebut disebut Social Education Program. Inisiasi dari Departemen Sosial Masyarakat IKAM LAMTIM dan kerjasama langsung dengan Gebyar Pelajar Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 november - 1 Desember 2019 dan panitia pelaksana berjumlah 62 orang.

Kegiatan kali ini merupakan salah satu implentasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat dan menjawab tantangan dari alumni serta mengenalkan bahwa memang benar-benar Jabung itu aman dan nyaman.

Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan menghilangkan persepsi masyarakat Lampung Timur dan masyarakat luar yakni "Jabung-Begal", malah yang kita amati sebaliknya bahwasannya di Jabung ini tersimpan banyak potensi di dalamnya yg banyak orang tidak tahu contohnya pertanian dengan hasil panen melimpah ruah.

Kegiatan ini di isi dengan berbagai rangkaian acara diantaranya One Day Teaching, Kids Competition, Pentas Seni dan Nonton Bareng, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Anti Narkoba, Literasi, Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis

Nico Hanafi, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (IKAM LAMTIM)  mengatakan bahwa IKAM LAMTIM ini memiliki program yang dilakukan rutin setiap tahun dengan wilayah yang dilakukan secara bergantian.  “Social education program atau disingkat (SEP) dirancang sebagai program bina desa ” kata Ketua umum ikam Lamtim.

Hendri gunawan selaku camat  sendiri sangat terkesan dengan adanya kegiatan  ini "Saya sangat senang diadakannya Social Education Program di jabung karena dewasa ini jabung sering dikait - kaitkan dengan begal, saya harap dengan diadakan nya kegiatan ini bisa menghapuskan stigma - stigma negatif terkait dengan jabung sendiri  dan semoga kedepan dapat berkolaborasi. sekali lagi saya berterimakasih".

Sebanyak 2 bulan persiapan acara ini, jelas Nico, empat kali pengenalan medan. Ikam lamtim dan gebyar pelajar lampung (GPL) memilih Mekarjaya sebagai lokasi sasaran agenda ini disebabkan karna keinginan kuat ikam lamtim untuk mengembalikan citra baik daerah Jabung yang selama ini terlihat buruk dimata dunia. Nico Hanafi menjelaskan bahwa bina desa memang lebih baik menguatkan hubungan antar mahasiswa dan warga agar mahasiswa lebih bisa merakyat dengan masyarakat luas.

program - program  mereka sangat di apresiasi oleh kepala kecamatan di Jabung Lampung Timur terutama oleh warga setempat "saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan ini sekaligus bisa menghilangkan stigma - stigma negatif yang ada di pikiran orang-orang terkait Jabung, Jabung sendiri adalah tempat yang aman nyaman dan tentram" ucap Darno, selaku Sekdes Mekarjaya.

Diakui Nico, kendala tentu ditemui. Kata ketua umum IKAM LAMTIM, cukup sulit untuk menarik media massa yang ada di lamtim terkait rute masuk ke arah lokasi, yang sulit untuk ditempuh. ”Harapannya social education program (SEP) dapat berjalan hingga tahun yang akan datang" ujarnya. (Nadya)

1 comment:

  1. Lanjutkan adik adiku semua, jgn bosan utk selalu menyuarakan bahwa jabung tidaklah seburuk yg dibayangkan org org di luar sana, betapa besar kelebihan daerah kita dibandibg dgn daerah lain, jalin terus dgn stekholer yg ada

    ReplyDelete

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close