Gandeng Rumah Sehat Baznas, KKN UAD Gelar Pengobatan Gratis Bagi Warga Dusun

Jabung Online - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok  KKN Reguler 76 Divisi VI.A.3 dusun Cuwelo Kidul bekerjasama dengan Rumah Sehat Baznas (RSB) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga empat padukuhan. (Senin, 24/02/2020)

Berlangsung di balai padukuhan Cuwelo Kidul Desa Candirejo Semanu, Gunungkidul acara dibuka dengan sosialisasi kesehatan yang dipaparkan oleh petugas dari RSB. Materi yang dijelaskan yakni tentang bahaya penularan penyakit Tuberkulosis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan TBC. Penularan penyakit ini bisa melalui udara yang disebabkan dari butiran ludah ketika batuk atau bersin dari seseorang dengan infeksi TBC, dengan begitu masyarakat bisa menyadari untuk mencegah penularan penyakit ini perlu ada tindakan misal hal paling sederhana adalah beretika pada saat batuk atau bersin dengan menutup mulut.

Didalam pemaparannya petugas juga menjelaskan tentang kegiatan pengobatan gratis ini merupakan program rutin dari RSB yang diberi nama Unit Kesehatan Keliling atau UKK. Sasaran dari program UKK ini adalah dhuafa yang berada jauh dari pelayanan kesehatan daerah seperti di pedesaan atau daerah-daerah yang sulit dijangkau seperti wilayah terdampak bencana. 

Selain pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat yang jauh dari pelayanan kesehatan, bentuk program lainnya adalah pemeriksaan dan pemberian pengobatan kepada dhuafa yang membutuhkan. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat yang terdiri dari empat dusun yakni dusun Mranggen, Cuwelo Kidul, Soko dan Gebang.

Sementara itu, Yosi Darma Sagita selaku ketua unit KKN Divisi VI.A.3 dusun Cuwelo Kidul mengapresiasi program UKK RSB ini, ia menilai program ini sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan seperti di desa-desa. "Kami sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan Rumah Sehat Baznas dalam menjalankan program ini, masyarakat sangat antusias terlihat dari banyaknya jumlah warga yang datang. Ini merupakan representasi bawah program Unit Kesehatan Keliling Rumah Sehat Baznas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat".

Disambungnya, ia juga mengucapkan terimakasih kepada RSB yang telah berkenan untuk hadir di Cuwelo Kidul untuk mengobati masyarakat. "mewakili Kawan-kawan KKN saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Rumah Sehat Baznas yang sudah datang dan memberikan pengobatan kepada warga dusun, semoga kegiatan ini bisa berlanjut pada KKN periode selanjutnya dan juga saya mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan divisi VI.C.1 dusun Mranggen atas kerjasamanya dalam menyukseskan acara," Tuturnya.

Acara penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis ini ditutup pukul 13:00 setelah semua pasien ditangan oleh petugas dan dilanjutkan foto bersama antara tim Unit Kesehatan Keliling Rumah Sehat Baznas dengan mahasiswa KKN. (Yos/rls)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.