Sosialisasi Empat Pilar, Junaidi Auly Ajak Masyarakat Tingkatkan Persatuan


Jabung Online - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Junaidi Auly mengajak masyarakat Lampung untuk terus menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama demi terciptanya toleransi dalam beragama. Menurutnya, pengrusakan rumah ibadah beberapa waktu lalu tidak boleh terjadi lagi di Indonesia.

"Kita harus paham betul sila ketiga dalam pancasila yaitu Persatuan Indonesia, artinya kita harus menjunjung tinggi persatuan antar sesama, termasuk diantaranya toleransi antar pemeluk agama, suku, dan budaya yang sangat beragam," ujar Junaidi dalam Agenda Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di Bandar Jaya, Lampung Tengah. (Senin, 10/2/2020)

Menurut Junaidi, masyarakat perlu terus dibekali empat pilar kebangsaan, diantaranya yaitu pertama, pancasila yang merupakan dasar dan ideologi negara, kedua UUD 1945 yang merupakan ketetapan MPR sebagai konstitusi negara, ketiga NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan negara.

Legislator PKS dari dapil Lampung II ini melanjutkan, dengan empat pilar ini bisa menjadi dasar untuk masyarakat dalam menjaga toleransi antar umat beragama. Keberagaman diantara kita merupakan suatu hal yang wajar, sehingga perlu disyukuri sebagai karunia besar bagi bangsa ini.

Karena itu, lanjut Junaidi, pemahaman masyarakat tentang empat pilar kebangsaan ini sangat penting untuk diperkuat agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan harapannya bangsa ini tidak mudah terpecah belah, toleransi antar umat terjaga dan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Yang kita prioritaskan saat ini yaitu kepentingan bangsa Indonesia agar tetap utuh sebagai bangsa besar penuh keberagaman, bukan untuk kepentingan golongan tertentu," tutup Junaidi. (Hadi)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.