Antisipasi Corona, Jamaah Al Mardiyah Sanitasi Masjid dan Lingkungannya


Jabung Online - Pengurus dan jamaah Masjid Al Mardiyah, Labuhanratu Raya, Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung gotong royong melakukan sanitasi masjid dan lingkungan dalam rangka mengantisipasi merebaknya virus corona serta menyongsong Ramadhan.

"Selain memang rutin kami bergotong royong membersihkan masjid dan lingkungannya, momen kali ini berkaitan juga dengan antisipasi penyebaran virus corona seperti yang dilakukan pada sejumlah masjid di Tanah Air," kata salah seorang pengurus masjid, Zakaria Mansyur, Sabtu.

Masjid Al Mardiyah pun mendapat bantuan penyemprotan disinfektan dari Wali Kota Bandarlampung Herman HN melalui Camat Labuhanratu Tarsi Juliawan dan Lurah Labuhanratu Raya Yudi Kurniawan.


Bahkan Lurah Labuhanratu Raya Yudi Kurniawan bersama Babinsa dan Bhabhinkamtibmas setempat mendampingi petugas dari BPBD Kota Bandarlampung melakukan penyemprotan disinfektan ke dalam masjid dan lingkungannya.
 


Lurah dan tim berfoto bersama sebagian pengurus masjid dan jamaah Masjid Al Mardiyah. (ANTARA/HO/Zakaria Mansyur)

Selain itu, lanjut Zakaria, kegiatan gotong royong tersebut juga dalam rangka persiapan menyongsong Bulan Suci Ramadhan yang akan tiba satu bulan lagi.

Pada kegiatan tersebut, jamaah dan pengurus membersihkan masjid bagian dalam, menggulung karpet besar dan memberikan semacam batas untuk jamaah meletakkan sajadah nantinya.

"Kami sengaja menggulung karpetnya. Jamaah nanti diharapkan membawa sajadah masing-masing," kata dia.

Sekretaris Pengurus Masjid Al Mardiyah, Ust. Nurzaini, S.Hi menambahkan, pihaknya menambah kran untuk jamaah berwudhu di bagian luar.

"Persiapan menyongsong Ramadhan kita upayakan maksimal sehingga jamaah lebih nyaman untuk beribadah," kata dia.

Selain pembersihan bagian masjid dan kamar mandi serta lokasi berwudhu, jamaah juga melakukan pengecatan dinding serta lisplang yang dikomandoi Mas Bro Dedi.


Jamaah masjid Al Mardiyah membersihkan selokan guna melancarkan arus air terutama limbah rumah tangga yang terkadang mengalir ke jalan menuju masjid. (ANTARA/HO/Zakaria Mansyur)

Jamaah juga memperbaiki selokan air di depan tanah kosong yang kerap meluap ke jalan menuju masjid terutama saat hujan tiba.

Air yang ke jalan itu bercampur dengan sisa limbah rumah tangga, jadi perlu diperbaiki. 

Warga juga berharap ke Ketua RT untuk mencari solusi ke kelurahan apakah bisa dibuatkan selokan permanen menggunakan semen.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.
close