Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Isolasi Diri di Rumah

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Isolasi Diri di Rumah
Ilustrasi. Meningkatkan kebugaran dengan berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat masa isolasi diri demi menekan penyebaran virus corona. (iStockphoto/MilanMarkovic)
Jabung Online -- Daya tahan tubuh merupakan kunci melawan infeksi virus corona Kekebalan tubuh tetap harus dijaga dan ditingkatkan meski Anda sudah mengisolasi diri di rumah demi mencegah penyebaran corona.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun saat beraktivitas dari rumah. Berikut sejumlah cara untuk meningkatkan imunitas saat isolasi di rumah, melansir CNN.

1. Kebugaran
Latihan kebugaran merupakan cara yang baik untuk meningkatkan imun. Latihan kebugaran bisa dilakukan dengan berolahraga teratur setiap hari di rumah.

Studi menunjukkan, individu yang bugar dan rajin berolahraga memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga.

Aktivitas fisik juga membuang bakteri di paru-paru, sehingga mengurangi risiko terkena flu, demam, batuk, dan pilek.

2. Meditasi
Berdiam di rumah merupakan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Studi terbaru mendapati, meditasi dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

"Meditasi secara konsisten membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi yang stres," kata praktisi meditasi Ellie Burrows Gluck.

Ilustrasi. Meditasi jadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat mengisolasi diri demi menekan penyebaran virus corona. (Istockphoto/PeopleImages)

Ada sejumlah cara untuk melakukan meditasi. Meditasi yang sederhana dapat dilakukan dengan menarik napas panjang lalu menenangkan pikiran. Lakukan meditasi ini 10-15 menit setiap hari agar mendapatkan manfaat kekebalan tubuh yang optimal.

3. Manajemen stres
Stres dapat meningkatkan risiko terkena banyak penyakit. Stres membuat sistem imun melemah sehingga mudah terserang penyakit. 

Saat stres, orang juga lebih mungkin melakukan aktivitas yang buruk seperti merokok, minum alkohol, makan tidak sehat, dan kurang tidur. Semua kegiatan itu buruk untuk daya tahan tubuh.


Oleh karena itu, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik selama pandemi virus corona, lakukan manajemen stres yang baik. Manajemen stres berbeda pada setiap orang.

Luapkan stres dan emosi pada kegiatan yang menyenangkan diri. Kegiatan itu dapat berupa me time, melakukan hobi, atau bercanda tawa dengan keluarga dan teman.

4. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan. 
(ptj/asr)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.