Bikers Subuhan Chapter dan Paguyuban Pawon Kidul Sidomulyo Berbagi Bahan Pokok


Pemberian bantuan kepada warga yang membutuhkan. | Dokumentasi

Jabung Online – Di tengah pandemi Covid-19 dan berkah Ramadan 1441 H, Bikers Subuhan Chapter bersama ‘Pawon Kidul’ (Paguyuban Wong Kegiatan Bhakti Peduli) Sidomulyo, berbagi paket sembako serta masker untuk duafa, anak yatim dan guru mengaji di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Senin (11/5/2020).

Bantuan sosial paket sembako yang disalurkan berupa beras, minyak goreng kemasan, gula, susu dan sirup.

Sedikitnya ada 41 paket sembako serta 150 pcs masker yang dibagikan. Sumber bantuan sosial tersebut, merupakan uang kas anggota Bikers Subuhan Chapter Sidomulyo, gerakan Seribu Sehari paguyuban Pawon Kidul serta dari pihak lain.

Kegiatan sosial tersebut, dimotori oleh koordinator Bikers Subuhan Chapter Sidomulyo, Sandi Suwardi, Tri Wahyudi, Purwo Jatmiko bersama 20 anggota Bikers Subuhan serta koordinator paguyuban ‘Pawon Kidul’, Zainal Asikin.

Koordinator Bikers Subuhan Chapter Sidomulyo, Sandi Suwardi mengatakan, bantuan sosial berupa paket sembako yang disalurkan untuk membantu masyarakat Sidomulyo yang sangat membutuhkan, seperti dhuafa, anak yatim serta guru mengaji yang terdampak pandemi wabah Covid-19.

“Ada 41 paket sembako yang kita berikan pagi tadi, secara door to door bantuan itu kita berikan. Selain paket sembako, kami juga membagikan masker. Meski bantuan yang diberikan tidak seberapa nilainya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meringankan beban mereka,” ujarnya, Senin (11/5/2020).

Dikatakannya, kegiatan sosial ini merupakan kerja bareng kami Bikers Subuhan Chapter Sidomulyo dan paguyuban “Pawon Kidul” yang dimotori oleh Zainal Asikin atau bung Zai, seorang jurnalis Lampung dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung yang juga peduli kegiatan sosial membantu masyarakat kalangan bawah.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami, yang bertujuan membantu masyarakat bawah di tengah wabah Covid-19. Apalagi di bulan Ramadhan penuh berkah ini, sebagai ladang pahala mengumpulkan amal kebaikan,” ungkap pria yang juga sebagai penggerak komunitas Geber Masjid (Gerakan Bersih-Bersih Masjid) ini.

Menurut salah satu anggota Bikers Subuhan Chapter Sidomulyo, Purwo Jatmiko menuturkan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, tentunya semangat peduli dan berbagi dari rekan-rekan Bikers Subuhan akan lebih ditingkatkan untuk dapat meringankan beban masyarakat sekaligus juga membantu Pemerintah daerah.

“Kegiatan sosial ini menjadi agenda rutin Bikers Subuhan Chapters Sidomulyo untuk bisa membantu masyarakat yang tidak mampu dan benar-benar membutuhkan,” kata bapak dua anak yang akrab disapa Miko ini.

Sementara ketua paguyuban ‘Pawon Kidul’ Sidomulyo, Zainal Asikin atau yang akrab disapa Zai Bento mengatakan, kegiatan sosial pemberian paket sembako serta masker yang dilakukannya bersama Bikers Subuhan untuk dhuafa, yatim dan guru mengaji atas dasar kemanusiaan.

Dia melihat dampak pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat bawah khususnya.

“Selain memberikan bantuan paket sembako dan masker, saya juga mengedukasi warga pencegahan Covid-19 dan mematuhi imbauan pemerintah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Zai Bento.

Dikatakannya, kita cukup tahu, dampak yang ditimbulkan dari wabah pandemi Covid-19 bagi masyarakat cukup terasa. Oleh karena itu, kita ingin sedikit meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan berupa paket sembako.

“Dengan adanya kegiatan sosial ini, paguyuban Pawon Kidul turut serta membantu menyalurkan hasil donasi yang selama ini dikumpulkan melalui gerakan Seribu Sehari, sekaligus juga dari pihak lain serta donator,” ujar jurnalis teraslampung.com ini.

Terpenting lagi, kata Zai Bento, kegiatan yang kami lakukan bersama komunitas Bikers Subuhan Chapter Sidomulyoi ini, bisa memotivasi lainnya untuk saling membantu dalam solidaritas kemanusiaan di tengah wabah pandemi Covid-19.

“Saya sangat yakin sekali, di Lampung Selatan dan khususnya Kecamatan Sidomulyo banyak pihak yang mampu dan peduli melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan seperti ini,” ungkapnya.

Selain itu juga, lanjut Zai Bento, Covid-19 terus bergerak sehingga butuh tindakan cepat dari pemerintah, khususnya mengenai bansos yang rencananya akan disalurkan kepada masyarakat.

“Semoga pemerintah bisa segera memvalidasi data penerima bantuan dengan tepat, hal ini agar tidak menjadi polemik di bawah sehingga bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran,” terangnya.

Dia menambahkan, sejak pandemi Covid-19, paguyuban ‘Pawon Kidul’ Sidomulyo telah melakukan aksi sosial memberikan bantuan berupa paket sembako, masker dan hand sanitizer alami daun sirih untuk masyarakat kurang mampu di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan lainnya di Lampung Selatan.

“Mari bersatu padu melawan Covid-19 yang tengah mewabah, agar virus tersebut segera hilang dan roda perekonomian kembali berjalan normal. Insya Allah kegiatan sosial ini, akan terus kami lakukan tidak hanya di tengah pandemi Covid-19 ini saja,” pungkasnya. []

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.