Wisata Way Guruh Jabung

Jabung Online  - Way Guruh Adalah nama sebuah tempat yang memiliki potensi untuk menjadi salah satu destinasi wisata di kabupaten Lampung Timur tepatnya berlokasi di desa Negara Batin kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur dan memiliki waktu tempuh dari kota Metro sekitar 2 jam 39 menit.

Para pemuda Jabung melalui organisasi "Ikam Jabung Sai" mempelopori dan menginisiasi untuk bersama-sama menjadikan way guruh sebagai salah satu tempat wisata lokal bagi daerahnya. Dengan dukungan pemilik lahan, para tokoh dan tua-tua setempat dan niat serta semangat membuat perubahan mereka bergotongroyong melakukan berbagai kegiatan di way guruh, mulai dari membersihkan, membuka jalan masuk, menata beberapa titik di lokasi yang bisa membuat way guruh menjadi semakin menarik bagi para pengunjung dan juga mulai mempromosikannya. 

Telah terdapat beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi para wisatawan di way guruh antara lain tempat mandi dengan memanfaatkan aliran air menyerupai air terjun kecil, beberapa shapu (gubuk/saung), perahu kayu tradisional, perahu karet, toilet dan musholla yang masih memanfaatkan salah satu ruang pemilik rumah. Semua mereka lakukan secara sukarela, mereka meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan dengan modal seadanya demi mewujudkan way guruh menjadi tempat wisata yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke way guruh.

Memang, masih butuh waktu dan banyak hal bagi way guruh untuk bisa disejajarkan dengan tempat wisata lainnya. Masih perlu perluasan dan perbaikan jalan masuk ke lokasi, fasilitas parkir kendaraan, kotak sampah, toilet, musholla, jajanan lokal, kopi dan air mineral serta merapihkan, menata dan membuat beberapa fasilitas menarik lainnya di lokasi. Bahkan melihat areal sekitar way guruh dapat menjadi destinasi agro wisata berbasis ekowisata yang cukup menarik kedepannya.

Meski masih seadanya dan masih cukup panjang perjuangan para pemuda Jabung tersebut, alhamdulillah.. saat ini sudah mulai ramai dikunjungi warga, bahkan dari luar daerah Lampung Timur pun sudah ada yang berkunjung ke way guruh.

Sebuah proses, diawali dengan niat dan semangat kebersamaan untuk melakukan perubahan kepada yang lebih baik. Sebuah gerakan yang dilakukan secara bergotongroyong bahu membahu, adalah suatu hal yang langka dan mahal di zaman sekarang. Terus berjuang para pemuda Jabung, tetap semangat, solid dan jaga kekompakan, demi Jabung yang maju, berbudaya dan bermartabat!. 

No comments

Powered by Blogger.