12 Air Terjun di Pesawaran yang Eksotis dan Menakjubkan


Jabung Online – Deretan air terjun di Pesawaran Lampung ini akan meberikan sensasi dan pengalaman baru yang tak terlupakan ketika anda kunjungi. Tiap-tiap air terjun di Pesawaran memiliki keistimewaan dan kekhasan tersendiri dan tentunya keindahannya tidak bisa disepelekan.

Kabupaten Pesawaran Lampung memang terkenal dengan keberadaan pantai-pantainya, namun perlu diketahui juga bahwa banyak sekali air terjun yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah objek wisata air terjun di Pesawaran yang bisa menjadi pilihan untuk lokasi wisata dalam mengisi liburan anda;

1. Air Terjun Ciupang

Air terjun ini terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai. Ada sebuah keunikan yang terdapat di lokasi ini dan akan jarang dijumpai dilokasi lain. Keunikan itu adalah tebing di air terjun yang bisa didaki atau dinaiki.

Tebing batu tersebut seolah memiliki berbentuk tangga berundak yang bisa dijadikan pijakan. Menaiki air terjun dan menikmati guyuran air yang membasahi tubuh akan anda rasakan ketika berkunjung wisata alam ini.

Lokasinya berada tak jauh dari perkampungan warga, sehingga cukup mudah untuk menemukan Air Terjun Ciupang atau juga dikenal dengan Curup Ciupang. Air terjun di Pesawaran yang satu ini merupakan salah satu yang terindah di Lampung.

2. Air Terjun Sinar Tiga

Air terjun ini terletak di Desa, Harapan Jaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Air Terjun Sinar Tiga juga dikenal juga dengan nama Air Terjun Kabut. Hal ini karena adanya kabut yang sering menutupi bagian atas air terjun. Pohon-pohon besar tumbuh disekitar air terjun menambah suasana sejuk ketika berada disini.

3. Air Terjun Rindu Kembar

Air terjun ini terletak di Dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri, Kecamatan Way Ratai. Dua air terjun yang berdampingan dan memiliki aliran alir yang deras ada di satu lokasi. Air terjun Rindu Kembar juga memiliki suasana alam yang masih sangat alami, letaknya yang berada di tengah pepohonan rindang di perkebunan masyarakat membuatnya jarang dijamah oleh wisatwan.

4. Air Terjun Tanah Longsor

Air terjun ini dinamai demikian karena di sekelilingnya nampak batuan yang seolah telah longsor. Batu berukuran besar tersebut seolah telah jatuh dari tebing-tebing di samping air terjun. Keunikan air terjun ini yakni gugusan tiga ruas air terjun yang jatuh dari ketinggian. Ada tiga ruas air yang jatuh dengan debit tak terlalu deras namun airnya jernih.


5. Air Terjun Talang Rabun

Air tejun ini memiliki aliran air yang sangat deras, di bawahnya terdapat kubangan yang bisa digunakan untuk mandi dan bermain air. Kondisi air masih jernih karena lokasinya yang berada di tengah perkebunan masyarakat. Suasana sejuk masih kental terasa di lokasi ini.

6. Air Terjun Intan

Air terjun ini terletak di Desa Sidodadi, Punduh Pidada. Air terjun ini memiliki keunikan yakni tebing yang sangat besar dan luas yang dialiri air terjun tersebut. Karena tebing luas tersebutlah aliran air terjun ini menyebar dan debitnya kecil saat sampai bawah. Pemandangan di sekitar air terjun masih alami, pohon dan tumbuhan hijau tumbuh disekitar air terjun.

7. Air Terjun Lubuk Law Way Sabu

Air Terjun ini terletak di Padang Cermin, ketinggian air terjun ini tak sampai 10 meter, namun bentuknya unik. Aliran air bercabang seolah membelah batuan di sungai. Di bawah air terjun juga terdapat kubangan besar yang terkadang berwarna hijau karena kejernihan airnnya yang masih sangat terjaga.

8. Air Terjun Penantian

Aliran air jernih dan sejuk adalah daya tarik utama yang disajikan di sini. Ada lima tingkat air terjun dengan ketinggian yang bervariasi. pengunjung bisa menjelajahi kelimanya. Dulunya air terjun ini bernama curup pencarian, lokasinya berada jauh dengan pemukiman masyarakat sehingga suasana alami sangat terasa.

9. Air Terjun Mandiri 1 dan 2

Air terjun ini tersembunyi di balik hutan dan kebun masyarakat. Letaknya di Dusun Sidodadi Desa Pesawaran Indah  Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Objek ini memiliki air yang masih sangat sejuk, karena diatasnya adalah kawasan hutan lindung.

Untuk air terjun mandiri 1 telah memiliki fasilitas kamar bilas dan juga sebuah pondok. Sedangkan air terjun mandiri 2 belum dibangun fasilitas, namun air terjun yang berada di tingkat kedua ini lebih tinggi dibanding air terjun mandiri 1.

10. Air Terjun Anglo atau Kaliawi

Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini terletak di Dusun Kaliawi Desa Gunung Rejo. Di sekitar lokasi air terjun ini banyak warung makanan, sehingga pengunjung tak perlu khawatir dengan isi perutnya.

Selain itu, di air terjun ini telah dibangun sebuah pondokan dari bambu yang bentuknya khas. Dari pondokan ini pengunjung bisa puas memandangi air terjun.

11. Air Terjun Cipitu

Air terjun yang stau ini terletak di Dusun Sumber Jaya, Desa Bumi Jaya Tiga, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini memiliki keunikan bongkahan batu besar yang terdapat disekitar air terjun. Batu-batu ini nampak fotogenik jika dijadikan sebagai objek foto.

12. Air Terjun Wiyono

Salah satu air terjun di Pesawaran yang satu ini cukup dekat dengan Kota Bandar Lampung. Alamatnya adalah di Desa Wiyono, Kecamatan Gedongtataan. Perjalanan menuju air terjun ini akan sangat istimewa. Pengunjung disuguhi dengan pemandangan sawah hijau yang nampak apik.

Deretan air terjun tersebut bisa menjadikan liburan anda terasa istimewa dan menyenangkan. Mengunjunginya bisa melepas kenatan yang ada dan merefresh otak. Demikianlah informasi terkait air terjun di Pesawaran Lampung, semoga bisa menjadi referensi liburan anda.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.