Dari Blantik Sapi Hingga Kepala Desa Ambil Baiat Masuk Ansor Lampung Timur


Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Angkatan Ke XXVIII Periode V PC GP Ansor Lampung Timur, mengikuti upacara pembaiatan.

Jabung Online  - 9 Ramadhan 1443 Hijriyah tepatnya, Minggu 10 April 2022, menjadi sejarah bagi puluhan pemuda di Lampung Timur untuk mengikrarkan dirinya masuk menjadi kader Gerakan Pemuda Ansor (GP- Ansor) kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur.

Halaman Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an, Al-itqon, desa Labuhan Ratu VII, menjadi saksi para peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi ini melafazkan kalimat baiat yang dipimpin langsung oleh ketua GP Ansor Lampung Timur, HM Muslih.

Usai prosesi sakral tersebut, Hadi Maruri, ketua panitia pelaksana kegiatan, menjelaskan, kader yang baru saja berbaiat adalah mereka yang lulus Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Angkatan Ke XXVIII Periode V PC GP Ansor Lampung Timur, yang dilaksanakan pada Hari Jum'at - Minggu tanggal 8 - 10 April 2022 di Pondok Pesantren Al-itqon.

" Yang diambil baiat dan sumpahnya tersebut mereka yang telah melewati Proses Kaderisasi Dasar PKD," kata Maruri, Minggu (10/4/2022).
Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Angkatan Ke XXVIII Periode V PC GP Ansor Lampung Timur, melakukan prosesi baiat.

Mewakili seluruh panitia, Hadi Maruri, merasa puas telah menghantarkan peserta PKD hingga baiat meskipun dalam kondisi puasa Ramadhan, namun tidak menghalangi para peserta mengikuti seluruh materi PKD dengan baik.

" Kami merasa senang karena walau puasa seluruh peserta dapat mengikuti seluruh materi dan kegiatan dengan baik, tertib dan semangat serta penuh kekeluargaan," Kata pegawai KUA Kecamatan Labuhan Ratu ini.

Dari data peserta yang dihimpun panitia, para peserta PKD tahun ini berasal dari berbagai latar belakang dan profesi yang berbeda beda, mulai dari pekerja swasta, negeri, hingga pekerja kasar dapat menyatu dan membaur seperti keluarga sendiri selama dalam pelatihan. 

Sebagaimana diungkapkan, ketua PAC GP Ansor Kecamatan Labuhan Ratu, Ari setiawan, dengan bangga ia memuji semangat kerjasama dan rasa kekeluargaan yang ditunjukkan para peserta selama acara berlangsung. 

" Perlu diketahui, latar belakang peserta PKD Angkatan XXVIII periode V ini sangat beragam yakni ada beberapa Sekdes, Kepala Dusun, Pegawai honorer, Guru honorer, blantik sapi, pengusaha konveksi, petani, penjual bubur ayam keliling dan juga bengkel motor. Alhamdulillah kehadiran Ketua PC GP Ansor Lamtim Sahabat H.M.Muslih dan Tim Kaderisasinya telah mampu membuat keberagaman itu menjelma menjadi satu kekuatan besar," ujarnya.

Atas nama pimpinan GP Ansor kecamatan Labuhan Ratu, ia berharap kebersamaan yang telah dibingkai dengan kalimat Sahabat itu akan menyatukan dengan ratusan kader lainnya yang telah dahulu berbaiat. 

" Saya berharap kedepan para kader yang baru dibaiat ini akan bersatu bersama ratusan kader GP Ansor lain yang telah mengikuti Diklat dikecamatan Labuhan Ratu ini," pungkasnya.


Ditempat yang sama, Ketua PC GP Ansor Lampung Timur H.M.Muslih dalam arahanya menyampaikan bahwa masuknya kader kader baru GP Ansor harus disertai dengan niat yg baik dan benar. 

" Niat itu tidak lain adalah untuk memperbaiki diri kita semua, memperbaiki akidah, amaliah, ibadah dan akhlak kita dalam hidup dan berkehidupan ini, dengan wasilah bergabung dan mengikuti organisasi yang dipimpin oleh para kyai yakni Nahdlatul Ulama," tegasnya.

Muslih mengungkapkan, meskipun badan hukum GP Ansor berbeda dengan Nahdlatul Ulama ( NU) namun secara historis, Sanad dan Nasab, GP Ansor adalah " Anak Kandung NU". 

" Dan oleh karenanya dengan Ber - Ansor ini kita sedang berkhidmat kepada Agama dan Negara yang tentu harapannya adalah keberkahan diri dan keluarga serta keturunan kita nanti," harap Pengasuh Ponpes Darul Fattah Way Bungur Lamtim ini.

Diakhir sambutannya, Aktifis Muda NU Lampung Timur ini mengingatkan, kepada seluruh kader yang masih memiliki niat yang tidak sesuai dengan tujuan organisasi, untuk segera menyadarinya agar nantinya tidak kecewa dikemudian hari.

" Bagi sahabat sahabat yang masih punya niat yang tidak sama dengan ini, mohon sekarang untuk kembali menata niat agar sahabat tidak kecewa dikemudian hari dengan menyalahkan siapa saja. Saya yakin apapun profesi dan latar belakang sahabat dengan ikut GP Ansor keberkahan besar akan kita dapat," pungkas Dosen IAIM NU Kota Metro ini.

Dari pantauan Dumas, pengambilan baiat dipimpin langsung oleh Ketua PC GP Ansor Lamtim H.M.Muslih, ketua Tim Kaderisasi PC GP Ansor Lamtim, Edi Purnomo, Satkorcab Banser Lamtim, Pengasuh PP. Minhajut Thulab Way Jepara, Pengasuh PP Tahfidzul Qur'an Al-itqon Labuhan Ratu, Pengurus PAC Muslimat NU Labuhan Ratu, PAC Fatayat NU Labuhan Ratu, PAC GP Ansor Labuhan Ratu dan Beberapa Ketua PAC GP Ansor Dari Kecamatan Sekitar.

Sebelumnya, PKD Angkatan XXVIII Periode V ini di buka oleh sekretaris PCNU Lamtim KH. Abdul Latif, S.Ip dan dihadiri oleh ketua PC GP Ansor Lamtim H.M.Muslih, Kasatkorcab Banser Lamtim Bowo Ngatino, Camat Labuhan Ratu, Kanit Binmas Polsek Labuhan Ratu, Pengasuh PP Tahfidzul Qur'an Al-itqon, KUA Labuhan Ratu, Ketua Lazis NU Labuhan Ratu, Ketua Muslimat dan Fatayat NU Labuhan Ratu, Kepala desa Labuhan Ratu VII dan Para Pimpinan GP Ansor di Wilayah sekitar labuhan ratu.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.