Dana BOS 2023 Belum Cair, Sekolah Bingung Cari Dana Talangan

Jabung Online  - Kepala SMP Negeri 3 Jabung mempertanyakan alasan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2023 yang belum cair hingga saat ini. Hal itu berdampak pada kegiatan sekolah yang belum bisa terlaksana.

Agus Setya Budi selaku Kepala SMP Negeri 3 Jabung mengatakan, beberapa kegiatan siswa belum bisa dilaksanakan karena belum ada dana BOS. Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan pada  Maret 2023 ini. Pihak sekolah pun masih kebingungan untuk mencari dana talangan agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu.

Tak hanya itu, dana BOS yang belum cair juga mengakibatkan sekolah belum bisa membeli berbagai barang, seperti alat tulis dan alat praktikum. Penggajian Guru Honor Sekolah sudah 4 bulan juga belum bisa dilakukan karena tidak ada uang.

Sementara sekolah tidak memiliki pendapatan lain kecuali dari dana BOS. 

"Kami sekolah tidak masalah BOS disalurkan dua tahap atau tiga tahap, yang penting dana lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan," ucap Agus, Rabu 29 Maret 2023.

Dibandingkan 2023, penyaluran BOS 2022 relatif lancar. Meskipun terjadi keterlambatan, tetapi keterlambatan tidak terlalu lama.

Agus menambahkan, untuk membiayai kebutuhan mendesak, pihak sekolah meminjam uang kepada koperasi sekolah. Ada juga uang bersumber dari komite sekolah.

"Belanja lain bisa ditunda, tetapi listrik, internet, tidak bisa ditunda. Pembayaran honor honorer juga tidak bisa ditunda, jadi kami cari dana talangan," kata Agus.

Dia berharap, BOS segera cair karena banyak kegiatan sejak Januari hingga Maret 2023 yang direncanakan dilaksanakan dengan dibiayai BOS.

Dikatakan Agus, terjadi beberapa perubahan pada penyaluran BOS 2023 dibandingkan 2022. Selain penyaluran dilakukan dua tahap, mulai 2023 diterapkan skema pemotongan penyaluran bagi sekolah yang terlambat menyampaikan laporan.

BOS yang disalurkan juga memperhitungkan SILPA. Misalnya, apabila pihak sekolah memiliki SILPA BOS Rp 1,5 juta, maka jumlah tersebut dimasukkan dalam jumlah BOS tahun selanjutnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa di tahun 2022 ada dana BOS yang belum di cairkan ke Sekolah sebesar 32jt.

Intinya kami minta Agar Pihak terkait segera mencairkan, "itu saja intinya", tegasnya.

Untuk diketahui bahwa di Kabupaten Lampung Timur, selain SMP Negeri 3 Jabung, SMP Negeri 2 Waway Karya dan beberapa sekolah swasta juga mengalami masalah keterlambatan.  (BangJO)

No comments

Powered by Blogger.