Gak Disangka, 5 Kebiasaan Ini Bikin Perut Buncit!


Jabung Online - Perut buncit merupakan momok banyak orang. Hal ini terjadi karena penumpukan lemak di area perut, yang biasa disebabkan oleh lemak visceral. Lemak ini tersimpan di sekitar area perut.

Perut buncit gak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga penampilan bahkan hingga bikin gak pede. Perut yang membuncit banyak penyebabnya.

Termasuk beberapa kebiasaan berikut ini yang gak disangka bisa bikin perut membuncit. Apa saja?

1. Makan terlalu cepat

Ini karena saat kamu makan terlalu cepat, bikin kamu gak berasa kalau sudah makan dengan porsi banyak.

Otak masih tetap menerima sinyal kalau kamu sudah kenyang, membuatmu terus makan dan makan hingga menumpuk lemak yang memicu perut buncit.

Biasanya, ini terjadi ketika kamu makan namun sambil melakukan aktivitas lain, seperti sambil kerja, nonton, scrolling hape, dan lain sebagainya. Usahakan makan dengan fokus dan mindful, ya!

2. Makan terlalu larut malam

Makan hingga terlalu larut malam menjelang jam tidur ternyata bikin perut buncit, lho.

Ini karena ketika malam hari, tubuh sudah masuk mode istirahat sehingga sistem pencernaan gak bisa maksimal dalam menyerap makanan untuk mengubahnya menjadi energi.

Ini membuat produksi insulin untuk mengolah kalori jadi lebih rendah. Kelebihan kalori yang belum terolah tersebut akan disimpan menjadi lemak, dan salah satu tempat penyimpanannya berada di perut.

3. Merokok dan banyak minum alkohol

Hayo, siapa yang masih sering melakukan hal ini? Selain berdampak buruk bagi tubuh, merokok dan minum alkohol juga memicu perut buncit.

Ini karena ketika seseorang mengonsumsi nikotin terlalu banyak, membuat semakin banyak pula sisa lemak yang tertimbun di area perut, pinggang, dan paha.

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak juga membuat protein jadi terbuang, sementara lemak tertimbun di tubuh, seperti di area perut.

4. Sering begadang

Dilansir Siloam Hospitals, kebiasaan begadang membuat produksi hormon pengatur rasa lapar, yakni ghrelin dan leptin dalam tubuh menjadi gak seimbang.

Inilah yang membuat tubuh sering merasa lapar bahkan di malam hari, sehingga konsumsi makanan jadi tidak terkontrol.

5. Jarang olahraga

Kalau ini mungkin sudah pada paham, ya. Berolahraga jadi sarana untuk membakar kalori dalam tubuh.

Nah, kalau kamu jarang olahraga, kelebihan kalori dalam tubuh tidak terbakar yang membuatnya berubah menjadi lemak yang menumpuk di perut.

***

Penulis: ASA

No comments

Powered by Blogger.