Rumah Baca Ade Hadiahkan Pelatihan Mendongeng untuk Penggiat Literasi di Lampung

Suasana acara pelatihan mendongeng. Foto oleh tim Jabung Online.
Jabungonline.com, Bandar Lampung – Ratusan penggiat literasi di Lampung menghadiri acara pelatihan mendongeng pada hari Minggu, 19 Maret 2017 di gelanggang mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia. Mereka sangat antusias mengikuti acara yang dimotori Rumah Baca Ade, yaitu anggota DPRD Lampung Ade Utami Ibnu.

Acara ini dimeriahkan dengan penampilan lagu bernuansa positif oleh penyanyi lokal sebelum acara inti dimulai. Kemudian, Kak Syam, begitu sapaan khasnya mulai memberikan materi dengan bermonolog dan diiringi lagu dari pemusik nasional Kak Bahar. Kak Syam menyentil kasus yang baru-baru ini muncul, yaitu stop kekerasan anak dari predator anak. Peserta mulai tenggelam dalam monolog yang dibawakan pendongeng nasional asal Lampung tersebut.

Di tengah-tengah acara berlangsung, hadir pula budayawan Isbedy Setiawan yang merupakan Paus Sastra Lampung, juga ketua Rektor   DR. H.M. Nasrullah Yusuf, SE. MBA. Keduanya memberikan sekapur sirih yang menggugah para peserta.

Peserta sesekali diajak sedih, lalu diajak riang gembira, selain teknik dasar mendongeng kak Syam juga berpesan bahwa mendongeng bukan untuk cari uang. Tapi mendongeng untuk merubah peradaban.

Kak Syam sedang memberikan pengarahan membuat puppet dari kaos kaki. Foto: tim Jabung Online.

“Pelatihan mendongeng yang menggugah, mendobrak sisi hati akan pentingnya mendongeng yang barangkali kita anggap sepele. Kak Syam juga mengajari banyak hal, cara membuat suara 1 suara 2, menginovasi lagu agar lebih dapat pesan moralnya, menginovasi cerita agar lebih elegan dikonsumsi anak-anak, beragam teknik mendongeng dan lainnya. Saya sangat bersyukur bisa menghadiri pelatihan ini.” ujar seorang aktifis taman baca dan dongeng dari FLP Metro.

*Betty Permana / Kontributor JO.
Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.