Guru Dituntut Harus Bisa Memperbaiki Moral Pelajar


Photo : vstory


Jabung Online – Pendidikan sangat penting bagi kehidupan kita. Pendidikan merupakan jembatan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Apabila masyarakat memiliki pendidikan yang lebih baik, maka kita tidak akan dipandang sebelah mata oleh orang lain bahkan oleh negara lain.

Pendidikan merupakan bekal utama dalam kehidupan. Dengan pendidikan kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan. 

Akan tetapi kondisi pendidikan saat ini bisa dikatakan sangat memperihatinkan, moral dan sopan santun siswa masih sangat rendah, banyak dari para pelajar yang suka tawuran dengan sesama pelajar.

Begitu juga tindak kekerasan, bahkan mereka tidak lagi memliki rasa malu berpegangan tangan dengan lawan jenisnya di tempat umum. Hal ini didasari karena kurangnya moral serta akidah para pelajar.

Banyak yang menjadi faktor kurangya moral pelajar saat ini, salah satu yang mempengaruhi krisis moral para pelajar saat ini adalah pengaruh gadget dan kurangnya interaksi anak dengan orangtua. 


Dengan gadget para pelajar bebas membrowsing hal-hal yang dinginkan, rasa sosialisasi terhadap hal-hal di sekitar menjadi berkurang diakibatkankan mereka terlalu sibuk dengan mengurus gadget bahkan sampai lupa dengan keadaan di sekelilingnya.

Dalam hal ini peranan orangtua dan guru sangat menentukan moral serta sopan santun para siswa, orang tua bisa melakukan-pendekatan-pendekatan terhadap anaknya bahkan orangtua bisa berperan sebagai sahabat anaknya tersebut, dengan demikian anak akan merasa diperhatikan dan gampang menyampaikan perasaan yang dialaminya saat itu.

Guru adalah orangtua kedua bagi anak didiknya, guru harus bisa berperan ganda menjadi seorang guru dan menjadi orang tua bagi anak didiknya,guru tidak hanya memiliki tugas mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi seorang guru harus mampu menciptakan siswa-siswi yang berkarakter, guru harus menanamkan moral serta akidah yang kuat terhadap anak didiknya.

Seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi para siswa dalam mewujudkan perilaku siswa yang berkarakter, oleh sebab itu bukan hanya seorang siswa yang dituntut memiliki moral dan akidah yang baik seorang guru sekalipun harus memiliki moral serta akidah yang baik sehingga siswa dapat mengambil ibrah dan contoh dari seorang guru tersebut.

No comments

Powered by Blogger.