Sore Ini Sidang Isbat Penetapan Awal Lebaran

Ilustrasi rukyat hilal | ist

Bandar Lampung – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Idulfitri 1437 Hijriah pada Senin, 4/7/ 2016. Sidang isbat akan dihadiri duta besar negara-negara sahabat, ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, MUI, lembaga negara dan ormas-ormas Islam.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” kata Muhammad Thambrin, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar), seperti dikutip dari situs Kemenag, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB. Sidang diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437 Hijriah. “Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” ujarnya.

Thambrin menambahkan, pihaknya akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Idulfitri 1437 Hijriah di seluruh provinsi. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan ormas Islam serta instansi setempat.(*)

No comments

Powered by Blogger.