DPRD Kota Bandar Lampung Sahkan Perda Pendidikan Baca Tulis Alquran

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pendidikan Baca Tulis Alquran Handrie Kurniawan | ist

Jabungonline.com – Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Wiyadi, mengatakan, Raperda Pendidikan Baca Tulis Alquran selaras dengan tujuan pendidikan nasional.

Hal itu dikatakannya saat memimpin sidang paripurna DPRD Bandar Lampung dalam rangka pengesahan Raperda Pendidikan Baca Tulis Alquran, Senin, 22/1/2018.

Salah satu tujuan pendidikan nasional, ujar Wiyadi, adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini sejalan dengan penguatan ideologi Pancasila, khususnya sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa serta dalam upaya mengejawantahkan program dari Presiden RI Bapak Joko Widodo yaitu Revolusi Mental.

“Oleh karenanya, kami DPRD dan Eksekutif bersepakat bersama sama untuk melakukan pembahasan terhadap Raperda tentang Pendidikan Baca Tulis Al Qur’an terhadap anak didik disekolah formal dan informal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pendidikan Baca Tulis Alquran  Handrie Kurniawan, dalam laporannya menyatakan pendidikan baca tulis Alquran merupakan bagian integral dari pendidikan agama Islam dan sistem pendidikan nasional. Sehingga hal ini perlu didorong untuk dapat dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal dalam bentuk kurikulum muatan lokal.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, dalam pendapat akhirnya menyatakan sangat mendukung terhadap Perda Baca Tulis Alquran yang telah disahkan.

“Saya sejak awal menjabat sebagai Wali Kota Bandar Lampung sangat mendukung kegiatan keagamaan. Dibidaang pendidikan saya sudah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk mewajibkan membaca tiga buah ayat pendek bagi siswa yang beragama Islam setiap hari sebelum memulai proses belajar dan mengajar,” ujarnya.

Selain itu diwajibkan juga membaca surat Yasin setiap hari Jumat, lanjutnya,  program lainnya adalah membantu 700 masjid untuk melaksanakan perayaan hari hari besar Islam. Dalam memasyarakat Alquran ini juga dibeberapa tempat pintu masuk Kota Bandarlampung ada tulisan kalimat Tauhid pada gapura perbatasan antar daerah.(Rilis)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.