Gunung Kidul Diguncang Gempa Bumi 3 SR


Gempa 3 SR di Gunung Kidul, Senin 12 Agustus 2019. Photo : BMKG


Jabung Online – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melaporkan bahwa wilayah Kabupaten Gunung Kidul diguncang gempa bumi tektonik, Senin 12 Agustus 2019, pukul 07.25.35 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=3.0," kata Kepala Stasiun Geofisika kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto dalam keteranganya kepada VIVAnews

Untuk episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.97 LS dan 110.50 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah BaratLaut GunungKidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 10 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ujarnya. 


Menurut dia, guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Bantul  dalam skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya. (ren)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.