Yakesma Bersama Lazdai Kirimkan Hewan Qurban Ke Pekon Umbar Tanggamus


Jabung online - Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) salurkan hewan kurban ke Pekon Umbar bersama Lazdai Lampung. Kegiatan rabu (14/8/2019) dipimpin kepala bagian distribusi Lazdai Bapak Nur Handoyo beserta 5 orang relawan.

Pekon Umbar terletak di kawasan teluk Lampung, tepatnya di kecamatan Kelumbayan kabupaten Tanggamus provinsi Lampung. Akhir tahun lalu, pekon Umbar ditimpa musibah banjir bandang yang diakibatkan oleh meluapnya sungai Umbar karena hujan deras selama sepuluh hari berturut-turut. Musibah yang terjadi tengah malam tersebut menewaskan seorang warga dan menghanyutkan 17 rumah serta membuat akses transportasi dan komunikasi menjadi terputus.

Perjalanan dari Bandar Lampung menuju pekon Umbar membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam melalui jalur tataan, medan perjalanan yang menanjak dan berbatu membuat laju kendaraan berjalan lambat. Memasuki kawasan kelumbayan, tim lazdai disuguhi pemandangan perbukitan dan jalanan berkelok serta lereng-lereng curam. Jalan yang dilalui  cukup bagus, hanya ada beberapa bagian jalan yang rusak dan longsor.

Nur Handoyo dan timlazdai sampai di pekon Umbar jam 9 pagi. Sementara hewan qurban sudah dikirim di hari sebelumnya.

“Hari ini kami menyalurkan 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing di pekon Umbar. Ini merupakan program kerjasama dari Yakesma yang berkantor di Jakarta dan lazdai untuk menyalurkan hewan qurban di lokasi bencana. Kami berangkat dari kantor Lazdai jam 6 pagi, sampai di Umbar sudah jam 9. Kalo sapi  dan kambing sudah diantar kemarin. Jadi begitu sampai, langsung serah terima kepada tokoh masyarakat dan langsung dilakukan penyembelihan hewan qurban di pinggir sungai umbar, selanjutnya mereka yang mengolah dan membagikan ke warga. ” kata Nur Handoyo.

Baca Juga :

Azmi (perwakilan warga) yang menjadi penanggung jawab penyaluran hewan qurban di pekon Umbar mengucapkan banyak terima kasih kepada yakesma dan lazdai atas hewan qurban yang diberikan untuk warga di sana. “warga semua mengucapkan terima kasih banyak kepada lazdai dan yakesma, sudah mau jauh-jauh datang ke Umbar bawa hewan qurban. Kami sangat senang, tapi kami mohon maaf sekiranya sambutan kami seadanya. Titip salam untuk para donatur dan tim lazdai yang lain, insyaaAllah daging qurban akan kita bagikan untuk 175 KK di 7 pedukuhan di Umbar,” tutur Azmi.

Nurul (lazdai) yang juga turut hadir dalam penyaluran hewan qurban ke pekon Umbar menceritakan suasana kekeluargaan yang begitu akrab antar warga disana. “saya melihat kekeluargaan mereka sangat erat, semangat gotong royongnya tinggi. Semua bagian hewan qurban dibagi rata dari mulai daging, tulang, kulit bahkan sampai jeroannya juga. Gak ada pembeda-bedaan, semua dibagi rata. Yang begini harus terus dipertahankan, ga nyesel ikut kegiatan-kegiatan begini,” tutup Nurul.


No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.