Tidak Transparan, Warga Negara Batin Demo ke Pemeritah Desa


Jabung Online - Penjabat Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung Lampung Timur diminta untuk transparan dalam pengelolaan dana desa (DD). Permintaan itu disampaikan warga desa setempat saat melakukan aksi protes di Kantor Desa Negeri Negara Batin, Kecamatan Jabung Senin (17/02/20).

Pantauan Media, protes warga ini ditunjukan dengan cara Datangi Kantor desa dan menuntut ketrasparanan pemerintah desa, bukan masalah pembangunan saja mereka juga menuntut untuk pemilihan kepala dusun dengan cara pemilihan langsung atau demokrasi seperti desa-desa lain yang ada di Lampung Timur.

Dalam aksi itu warga desa mebacakan tututanya yang pertama :

1. Warga minta pemilihan kadus secara langsung  seperti desa-desa yang lain di Lampung Timur 

2. Warga minta tiap ada proyek harus ada papan proyek karena sejak kades menjabat tiap kali ada proyek tidak papan proyeknya

3. Warga minta di perjelas status tanah embung wisata yang di bangun dengan dana desa yang juga tak ada papan proyek nya.

4. Warga minta pertanggung jawaban gapoktan desa Negara Batin yang menyatut nama warga masarakat tanpa sepengetahuan mereka

5. Warga dalam orasinya  meminta penjabat negeri untuk transparan atas penggunaan dana desa, karena warga menilai penggunaan dana tak rasional.

Tututan warga Desa Negara Batin

Mereka juga meminta penegak hukum melakukan investigasi terkait penggunaan DD tahun 2018/2019. Koordinator dan Inisiator Desa Negara Batin, Surya Dilaga ke­pada wartawan mengatakan, aksi ini muncul dari masyarakat sendiri, karena proses pembangunan yang dilakukan pemerintah desa dari Kades ini mejabat terkesan tertutup.

“Kami butuh penjelasan, berkai­tan aliran DD dan ADD karena menurut kami proses pembangunan yang dilakukan sampai saat ini belum ada sesuatu yang bisa banggakan dan berikan harapan bagi masya­rakat, bahkan terindikasi banyak terjadi penyalahgunaan kewenang­an yang terindikasi kemungkinan bisa saja penyalahgunaan anggar­an,” jelas Surya Dilaga.

Senada di sampaikan Muhamad Yusup menurutnya, ‘’berdasarkan hasil pengamatan warga, banyak kejanggalan yang ditemui di lapangan, makanya masysrakat berupaya untuk me­nyampaikan aspirasi melalui aksi tersebut’’dan masyarakatpun ingin semua penggunaan Anggaran secara terbuka serta dan pengelolaan pemerintahan sesuai dengan keinginan masyarakat.

Aksi yang di gelar di balai desa Negara Batin tersebut tak terlihat kades di lokasi kantor desanya.

Pengunjuk rasa di temui langsung oleh kasi pemerintahan Yahya dan BPD Desa Negara Batin dan yahyapun akan menyampaikan aspirasi dan tuntutan warga ke kepala desa’’warga juga ucapkan terimakasih kepada Kasi pemerintahan dan BPD yang mau menerima dan menyampaikan tuntutanya ke Kepaladesanya.(zen)

Sumber: https://mediaa1.com/pemerintahan-desa-tidak-transparan-warga-desa-negara-batin-demo/

No comments

Powered by Blogger.