Mitra Bentala bersama SNV Indonesia Gelar Lomba Tulis Opini 'PHBS dan Covid-19'


Jabung Online  - Mitra Bentala bersama SNV Indonesia menggelar Lomba Penulisan Opini dengan Tema “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Covid-19”.

Direktur Mitra Bentala Lampung Mashabi mengungkapkan, lomba tersebut guna mengedukasi masyarakat ihwal pentingnya PHBS dalam penanganan Covid-19.

Menurut Mashabi, perlombaan tersebut akan dimulai melalui beberapa tahapan.

Seperti tahap pengiriman naskah yang dimulai pada 15-25 Juni 2020.

Kemudian, tahapan seleksi naskah oleh tim juri pada 26-29 Juni 2020 dan tahapan pengumuman pemenang pada 30 Juni 2020.

"Untuk mengikuti perlombaan ini, peserta mesti mengunduh sendiri ke link http://tinyurl.com/opiniphbs yang isinya terkait biodata dan surat pernyataan bahwa karya bukan plagiat," kata Mashabi dalam siaran persnya kepada Tribunlampung.co.id, Senin (15/6/2020).

Pengiriman naskah tulisan peserta, kata Mashabi, bisa dikirim langsung melalui email mitrabentala18@gmail.com.

Adapun tim juri yang akan menilai nantinya, jelas Mashabi, terdiri dari Juwendra Asdiansyah dari duajurai.co, Hendri Sihaholo dari jurnalis dan Rizani dari Mitra Bantalan.

Dari masing-masing kategori, jurnalis dan umum, lanjut Mashabi, akan dipilih 6 pemenang, yakni terbaik I, II, III, IV, V dan VI.

"Panitia lomba telah mempersiapkan hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi pemenang lomba berupa piagam penghargaan dan hadiah menarik lainnya berupa barang," ucap Mashabi.

Para pemenang, lanjut Mashabi, akan dihubungi langsung oleh panitia pelaksana dan juga diumumkan di situs www.mitrabentala.org, dan akun Twitter @SNVIndonesia.

Husnul Maad Country Manager Program Voice For Change menyampaikan, tujuan dari perlombaan tersebut untuk mengedukasi masyarakat bahwa pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir menjadi rutinitas keseharian.

Sedangkan yang melatarbelakangi perlombaan ini adalah mengangkat situasi kondisi global saat ini dengan merebaknya pandemi Covid-19.

"Pentingnya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dalam bentuk tulisan opini yang dapat dibaca oleh masyarakat umum sebagai informasi dan pengetahuan dalam konteks untuk mersepon penanganan Covid-19."

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat perspektif terkait PHBS dan Covid-19 dari jurnalis dan masyarakat umum dalam bentuk tulisan, serta dapat menjadi gerakan bersama dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan tindakan nyatanya,” tandasnya. (Rilis)

No comments

Powered by Blogger.