Enam Kabupaten/Kota Sudah Diperbolehkan Sekolah Tatap Muka

Jabung Online  - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Nasional mengijinkan enam daerah dapat kembali buka sekolah tatap muka di Provinsi Lampung.

Daerah tersebut sudah zona hijau, kata Ketua Tim Pakar GTPP Covid-19 Wiku Adisasmito kepada wartawan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (3/7).

Keenam daerah tersebut adalah Kabupaten Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Kota Metro, Mesuji, Lampung Timur, dan Kabupaten Waykanan.

Indikator zona hijau, kata Wiku Adisasmito, tidak ada kasus baru selama empat minggu terakhir dan tingkat kesembuhan pasien terpapar 100 persen.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan proses tahun ajaran 2020/2021 dimulai pada Juli 2020.

“Kami memperbolehkan pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka tetapi dengan protokol sangat ketat,” kata Nadiem.

Saat ini, secara nasional, zona hijau atau daerah bebas corona semakin bertambah menjadi 99 daerah, 66 kabupaten/kota pun tercatat tidak terdampak Covid-19.

GTPP Covid-19 juga mencatat ada 33 kabupaten/kota yang tidak mencatatkan kasus baru. Hingga 28 Juni, daerah yang masuk zona merah makin turun.

Pada Mei 2020, ada 108 daerah risiko tinggi alias zona merah. Kemudian, 7 Juni turun menjadi 65, 14 Juni turun lagi menjadi 51. Akhir Juni sempat naik sedikit.

Untuk daerah zona kuning, oranye dan merah, GTPP melarang pembelajaran tatap muka. Zona-zona tersebut tetap melanjutkan belajar dari rumah atau BDR.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.