3 Fakta Buku Jabung The Untold Stories, Terbit Agustus 2020

Hasil keuntungan untuk kembangkan wisata desa

3 Fakta Buku Jabung The Untold Stories, Terbit Agustus 2020Masyarakat Kecamatan Jabung, Lampung Timur menginisiasi pembuatan buku. (Istimewa/IDN Times)

Jabung Online  - Buku Jabung The Untold Stories adalah buku perdana yang mengulas serba-serbi Kecamatan Jabung, Lampung Timur. Kecamatan ini lebih banyak dikenal dengan stigma kampung begal. Buku diterbitkan oleh penerbit lokal Sai Wawai Publishing ini rencananya akan dirilis pertengahan Agustus mendatang.

Rahmatul Ummah dari Sai Wawai Publishing mengatakan, buku ini menjadi menarik diangkat karena ada misi yang diusung. Misi tersebut yakni, memberikan perspektif berbeda tentang Jabung. Perspektif itu ditulis oleh warga Jabung sebagai refleksi dan mimpi mereka tentang kampung halamannya.

Berikut tiga fakta menarik tentang buku ini

1. Ditulis berbagai kalangan

3 Fakta Buku Jabung The Untold Stories, Terbit Agustus 2020Instagram @zulihendriyanto

Buku ini ditulis oleh warga Jabung baik yang ada di kampung maupun di perantauan. Para penulis berasal dari berbagai kalangan mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), guru silat, tokoh adat, mahasiswa, pemuda, wiraswasta. Kolaborasi berbagai perseptif ini akan dilengkapi ulasan dari beberapa akademisi dan pegiat literasi.

Bahkan, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim akan memberikan kata pengantar dalam buku ini. Perempuan akrab disapa Mbak Nunik ini sebelumnya pernah menjadi Bupati Lampung Timur yang notabene juga adalah bupati perempuan pertama di Lampung. Kampung halaman Nunik dulunya masuk dalam wilayah Jabung.

2. Berkisah serba-serbi Jabung

3 Fakta Buku Jabung The Untold Stories, Terbit Agustus 2020lampungtimurkab.go.id

Tulisan dalam Buku Jabung The Untold Stories berisi beragam perspektif mulai dari sejarah, budaya, kuliner , wisata hingga berbagai upaya untuk mendorong perubahan di Jabung ke arah lebih baik. Buku ini juga memberikan perspektif lain tentang Jabung yang sebelumnya lebih banyak dikenal sebagai kampung begal.

Tak dipungkiri Kecamatan Jabung dikenal publik mengarah konotasi negatif lantaran pelaku perbuatan kriminal kasus pencurian kendaraan bermotor berasal dari wilayah ini. Para pelaku tindakan kriminal beraksi di kabupaten/kota di Lampung. Merujuk hal itu, para pemuda di Jabung yang tergabung dalam Ikam Jabung Sai (IJS) sejak 2017 terus berupaya melakukan berbagai kegiatan positif untuk mengubah stigma kampung halaman mereka.

3. Sarana kumpulkan dana pengembangan wisata desa

3 Fakta Buku Jabung The Untold Stories, Terbit Agustus 2020Pengunjung menikmati liburan di pemandian alam Way Guruh berlokasi di Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. (Istimewa/IDN Times)

Buku Jabung The Untold Stories rencananya akan menjadi media penggalangan dana  yang seluruh keuntunganya akan diberikan bagi pengembangan wisata di Desa Way Guruh. Buku dan merchandise t-shirt menjadi medium penggalangan dana bagi pengembangan objek wisata desa yang dikelola secara swadaya tersebut.

Beberapa sarana yang tersedia di objek wisata Way Guruh di antaranya, batu sajadah. Dinamakan batu sajadah lantaran ada dua batu datar berukuran besar terletak berdampingan. Di sekitaran batu itu ada aliran air.

Terdapat juga kali dengan aliran air tak deras dan batu kali bisa dimanfaatkan pengunjung khususnya anak-anak yang gemar bermain air. Bagi yang ingin bersantai mendayung menggunakan perahu karet, di tempat ini tersedia. Tersedia juga sekitar delapan bambu dibuat layaknya pancuran air kecil.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.