Event KTM 2023 ASPPERWI di Lamsel, Sukses Digelar dan Kedepan Akan Kembali Diselenggarakan

Teks foto: Asosiasi Pelaku Perjalanan Wisata Indonesia bersama ASPPERWI DPW Kabupaten Lampung Selatan.

Jabung Online - Lamsel, Dalam rangka membangkitkan dan memajukan wisata di Kabupaten Lampung Selatan, Asosiasi Pelaku Perjalanan Wisata Indonesia (ASPPERWI) DPW Kabupaten Lampung Selatan, sukses menyelenggarakan sebuah event perdana Krakatau Travel Mart (KTM) tahun 2023 yang dihadiri dari berbagai pengurus ASPPERWI di Indonesia selaku biro perjalanan wisata seluruh Indonesia dan Peparindo selaku organisasi driver pariwisata seluruh Indonesia.

 
Kegiatan positif dengan mengumpulkan semua biro perjalanan pariwisata dari seluruh daerah, diharapkan bisa saling bekerjasama dan berkolaborasi dan bentuk nyata untuk memajukan wisata di suatu wilayah. Karena Mendatangkan wisatawan dari berbagai penjuru Nusantara. Sehingga obyek wisata akan ramai dikunjungi, kemudian produk UMKM lokal bisa terserap. Bahkan bisa di distribusikan di seluruh pengurus biro perjalanan wisata, yang tergabung di ASPPERWI.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP ASPPERWI, Hermawan bahwa program yang paling efektif untuk mempercepat promosi pariwisata di suatu wilayah. Karena mendatangkan langsung seluruh agen travel wisata untuk melihat langsung sarana dan fasilitas di Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga kalau sudah mengenal wisata Lampung, maka agen travel akan menambah tiket jualan wisata dan produk UMKM Lampung, kata Hermawan saat sambutan, di Aula RM Krakatau, Jl. Lintas Sumatera Desa Sukabaru Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (9/5/2023).
 
Menurutnya, dibandingkan studi banding oleh para pejabat, maka kegiatan atau program nyata dan langsung adalah kerjasama dan kolaborasi ASPPERWI. Dan seluruh anggota telah mendapatkan sertifikat BNSP Pariwisata. Artinya sudah diakui di seluruh belahan dunia untuk memajukan wisata di suatu daerah.
 
"Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang mendukung serta saran kepada kami. Kami janji 3 bulan kedepan, rombongan akan kembali datang untuk membangkitkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Kabupaten Lampung Selatan," imbuhnya.
 
Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan ASPPERWI DPW Kabupaten Lampung Selatan, Solihin mewakili Ketua DPW Lampung Selatan, Suradi menerangkan Kabupaten Lampung Selatan sebagai gerbang serambi Sumatera memiliki banyak objek wisata, baik wisata pantai, alam, religi dan kuliner ada di Lampung Selatan. Dan ia secara singkat mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah hadir dan begitu juga pelaku UMKM yang telah memberikan support.
 
"Terima kasih, atas support UMKM Kabupaten Lampung Selatan yang telah meramaikan dan mensukseskan acara Krakatau Travel Mart tahun 2023. Begitu juga Sponsor oleh-oleh Sari Rasa Teluk Betung, Bandar Lampung dan UMKM Uwak Abak produksi oleh-oleh empek-empek khas Palembang yang turut hadir," katanya.
 
"Tak lupa juga, iapun mengucapkan terima kasih biro travel wisata dari berbagai daerah di Indonesia yang telah sengaja hadir mensukseskan acara perdana event Krakatau Travel Mart, RM. Krakatau Tahun 2023. Semoga Asosiasi Perjalanan Pelaku Wisata Indonesia (ASPPERWI) semakin jaya kedepannya, demi memajukan dan membangkitkan pariwisata di Indonesia, khususnya Lampung Selatan," tutupnya.
 
Dalam kesempatan tersebut Camat Penengahan Jaelani, S.STP.,M.H mewakili Bupati Lampung Selatan menyampaikan Pemkab Lamsel dan Pemerintah Kecamatan Penengahan mendukung kegiatan Krakatau Travel Mart tahun 2023 demi memajukan wisata dan UMKM yang ada di Lamsel, khususnya di Kecamatan Penengahan.
 
"Mereview sedikit tentang wisata yang ada di Lampung Selatan yang merupakan pintu gerbang Sumatera. Jadi pertama kali turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni langsung wilayah Kabupaten Lampung Selatan Kecamatan Bakauheni. Insya Allah akan ada Harbour City yang katanya terbesar di Asia Tenggara. Yang saat ini pengerjaannya sudah dimulai," kata Camat Jaelani.
 
Lanjut, kata Camat Jaelani kedepannya Insya Allah icon Kabupaten Lampung Selatan kedepannya akan segera terealisasi. Artinya Lampung Selatan merupakan salah satu tujuan destinasi wisata. Yang memiliki destinasi wisata pegunungan, wisata pantai, wisata air sungai maupun wisata air panas belerang Simpur, yang tidak kalah dibandingkan dengan Ciater yang ada di Bandung Jawa Barat atau Subang.
 
"Destinasi wisata pantai-pantai kami juga tak kalah dengan Pulau Dewata Bali, saya jamin dan siap menunjukkan lokasi destinasi wisata tersebut. Alhamdulillah libur lebaran yang lalu pariwisata ramai dikunjungi wisatawan," lanjutnya.
 
"Khususnya untuk Kecamatan Penengahan ada wisata air terjun Way Kalam, yang di kelola desa. Lalu wisata kolam pemandian dari mata air pegunungan Way Tebing Cepa (WTC) dan masih banyak yang lainnya. Begitu juga produk UMKM nya, juga sangat banyak," tambahnya.
 
Diakhir sambutannya Camat Jaelani berharap jika peserta biro travel ada hal-hal kurang informasi tentang destinasi wisata dan fasilitasnya di Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, maka bisa ditanyakan langsung kepada Manager Rumah Makan Krakatau Bapak Solihin, tutupnya.
 
Acara yang dihadiri ratusan anggota ASPPERWI dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, dimulai pukul 9.00 WIB s.d 17.00 WIB dengan dibagi dua sesi. Sesi pertama seremonial pengurus ASPPERWI dengan para pejabat Kabupaten Lampung Selatan dan pentas seni serta pembukaan bazar UMKM. Lalu bakda zuhur dilanjutkan sesi kedua dengan rangkaian acara Tourism Business Matching 1 dengan tema Prospek Industri Pariwisata Lampung dan Coffee Break dan Shalat, terakhir ditutup dengan doa.
 
Kemudian pukul 19.00-19.30 Sholat di Masjid Siger Bakauheni sekaligus Famtrip mengunjungi Bukit dan Menara Siger Bakauheni. Lalu pukul 19.30-20.00 WIB wisata malam langsung stay. Dan tepat pukul 22.00 WIB menuju pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten, setelah turun dari kapal, jos Jakarta, Karawang dan Cirebon.  
 
Hadir dalam acara tersebut seluruh Pengurus ASPPERWI seluruh Indonesia, Organisasi Peparindo, Forkopimcam Kecamatan Penengahan, Kabid Pariwisata Lampung Selatan Syaifuddin, UMKM Kabupaten Lampung Selatan. (Alfian)

No comments

Powered by Blogger.